Inilah Amalan-amalan dan Doa di Malam Lailatul Qadar

Amalan-amalan dan Doa Malam Lailatul Qadar Malam lailatul qadar adalah satu malam penuh keberkahan yang terjadi pada bulan ramadhan dan digambarkan dalam Al Qur’an sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Sudah pasti setiap orang yang beriman berharap untuk mendapatkan lailatul qadar, sehingga orang-orang beriman tersebut akan berlomba-lomba untuk bangun di malam harinya dengan penuh iman dan mengharap pahala dari Allah SWT.

Amalan di Malam Lailatul Qadar

amalan-amalan dan doa malam lailatul qadar

www.muslimah.co.id

Di malam lailatul qadar sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, paling tidak adalah mengerjakan sholat isya’ dan shubuh secara berjamaah.

Dalam satu hadits Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa shalat maghrib dan Isya secara berjamaah sehingga habis bulan Ramadhan maka sungguh ia telah mendapat bagian yang banyak dari lailatul qadar.” [HR. Imam Baihaqy]

Namun bagi sebagian orang yang tidak mampu untuk beribadah sepanjang malam, dianjurkan untuk memperbanyak membaca dzikir dan membaca ayat-ayat Al-Quran, seperti ayat kursi, akhir surat al-Baqarah, surat al-Zalzalah, al-Kafirun, surat al-Ikhlash, surat Yasin karena semua ayat-tersebut memiliki fadhilah yang besar sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits.

Dianjurkan juga untuk memperbanyak membaca istighfar, tasbih, tahmid, tahlil, shalawat kepada Nabi SAW, dan berdoa untuk diri sendiri dan orang-orang yang kita sayangi baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal. [Hasyiah Shawy `ala Jalalain jilid 4 hal 455]

Sebagian dari ulama menyebutkan: “Barang siapa shalat pada malam lailatul qadar shalat sunnah empat rakaat, setelah fatihah membaca surat at-Takatsur dan surat al-ikhlash 3 kali maka akan dimudahkan baginya sakratul maut, dan dihilangkan kan azab kubur dan diberikan empat tiang dari nur yang masing-masing  diatasnya ada seribu malaikat.” [Syeikh Daud al-Fathany, Jam`ul Fawaid hal 114]

Selain melakukan amalan-amalan diatas, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca saat malam lailatul qadar, yaitu untuk meminta pengampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang pernah kita lakukan.

Bacaan Doa di Malam Lailatul Qadar

amalan-amalan dan doa malam lailatul qadar

elsunnah.wordpress.com

اَللهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

ALLAAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII

Artinya : “Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku

Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah SAW, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850. Abu ‘Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Demikian amalan-amalan dan doa yang dianjurkan dilakukan dan dibaca saat malam lailatul qadar. Semoga kita semua mendapatkan kemuliaan dan keberkahan malam lailatul qadar, amin. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Leave a Reply