Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar

Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Pekerjaan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk setiap orang, sebab semua orang tentu membutuhkan uang yang bisa mereka dapatkan dengan bekerja.

Jika seseorang tidak memiliki biaya atau uang sama sekali, maka ia tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, seperti makanan, minuman, pakaian dan kebutuhan yang lain-lain.

Agar bisa mendapatkan uang, maka kita harus bekerja, entah bekerja untuk orang lain ataupun bekerja dengan membuka usaha sendiri (pengusaha).

Akan tetapi, kebanyakan orang lebih cenderung untuk bekerja pada orang lain atau bekerja dibawah naungan sebuah perusahaan. Itu tidak apa-apa, sebuah pilihan masing-masing.

Dalam melamar kerja di sebuah perusahaan, seseorang tentu harus membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja yang dibuat harus baik dan benar, sehingga mampu menarik perhatian dari perusahaan untuk merekrutnya.

Dalam mengirimkan surat lamaran kerja itu harus memperhatikan tata krama, entah Anda mengirimkannya lewat faks, pos atau melalui email sekalipun.

Hal ini karena, surat yang Anda kirimkan akan memperlihatkan seberapa besar kemampuan dan potensi yang Anda miliki.

Dr. Rhenald Kasali, Ketua Program Ilmu Manajemen Pascasarjana UI dan Direktur IMeDE menuturkan bahwa, komposisi surat lamaran kerja seharusnya mempunyai beberapa hal berikut, antara lain impressive cover letter, menarik minat dari calon atasan, memuat kualifikasi atau prestasi yang pernah diraih, menggunakan bahasa yang ringkas, jelas dan enak dibaca.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Menulis Surat Lamaran Kerja

Selain hal tersebut, ada beberapa hal penting lain yang berkaitan dengan penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Harus Efektif

Surat lamaran tidak hanya berfungsi sebagai duta bagi si pengirimnya, akan tetapi juga harus dapat menarik perhatian dari calon atasan atau perusahaan.

Jika surat lamaran ditulis secara efektif, maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkan balasan yang cukup baik dari pihak perusahaan.

2. Ketahui Siapa Pembaca Surat Lamaran Anda

Yang perlu diingat adalah Anda menulis surat untuk melamar kerja, bukan sedang menulis surat cinta untuk kekasih Anda.

Jadi Anda harus tahu dan paham siapa saja yang nantinya akan membaca surat lamaran kerja Anda, jadi buat yang seprofesional mungkin.

3. Perhatikan Susunan Isi Surat Lamaran

Saat menulis surat lamaran kerja, Anda harus memperhatikan dengan seksama karena surat lamaran yang baik dan benar tidak terlepas dari susunan isi yang saling berkesinambungan.

4. Sesuaikan dengan Kualifikasi yang Ada

Sebaiknya, Anda tidak mencoba-coba untuk mengirim surat lamaran kerja dengan kualifikasi pekerjaan yang tidak terdaftar dalam lowongan pekerjaan yang ada.

Maka, Anda harus memeriksa apakah kualifikasi pekerjaan Anda inginkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak Sumber Daya Manusia (SDM) dari perusahaan yang Anda lamar.

5. Tunjukkan Jaringan yang Anda Punyai

Anda boleh saja menyebut beberapa orang yang dapat memberikan keterangan atau referensi tentang diri Anda, untuk lebih mempertegas dan memberikan nilai lebih pada diri Anda.

Dr. Rhenald Kasali menyebutkan bahwa, orang yang bisa memberikan referensi tentang Anda adalah dosen dimana Anda pernah kuliah dulu atau mantan bos di tempat bekerja Anda sebelumnya.

Usahakan jangan menyebut kepada orang-orang yang sudah lama (bertahun-tahun) tidak pernah Anda jumpai, walaupun dia pernah menjadi dosen atau bos Anda.

6. Batasi Jumlah Baris Pada Surat Lamaran

Usahakan untuk membatasi jumlah baris kalimat pada setiap paragrap surat lamaran yang Anda buat. Sebaiknya, dalam tiap paragrap berisi tidak lebih dari 6-7 baris saja.

Hal ini agar membuat surat lamaran yang Anda buat terlihat rapi dan nantinya pembaca surat lamaran Anda tidak terlalu lelah saat membacanya.

7. Jangan Mudah Puas

Untuk mendapatkan hasil yang baik dan sempurna, maka tidak ada salahnya untuk menulis surat lamaran kerja secara berulang-ulang.

Setelah selesai menulis, usahakan untuk melakukan pengeditan dan membacanya sekali lagi agar kesalahan bisa diminimalisir.

8. Jangan Lupa Untuk Selalu Mencatatnya

Apabila Anda sudah selesai mengirim surat lamaran kerja, maka jangan langsung melupakannya. Ada baiknya untuk mencatat semua surat lamaran yang pernah Anda kirimkan.

9. Kualifikasi CV

CV yang baik harusnya mempunyai beberapa hal berikut ini, antara lain: bersifat objektif, memuat riwayat pengalaman kerja Anda, memuat riwayat pendidikan, memuat keahlian dan kualifikasi Anda, serta beberapa data pribadi Anda.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis surat lamaran kerja Anda. Dibawah ini juga akan dibahas mengenai cara membuat surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran pekerjaan umum yang baik dan benar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Langkah awal dalam mencari pekerjaan adalah membuat surat lamaran kerja, baik itu perusahaan umum, CPNS, perawat, Bank dan lain-lain tetap membutuhkan sebuah CV lamaran pekerjaan.

Sebenarnya dalam membuat surat lamaran kerja itu tidak sulit, namun terkadang membutuhkan waktu dalam menyusun dan merangkai kalimat sehingga membentuk sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Surat lamaran kerja yang baik dan benar akan memberikan sebuah kesan pertama yang baik dan menambah peluang diterimanya masuk menjadi karyawan dalam suatu perusahaan.

Sekarang bayangkan jika surat lamaran kerja yang Anda buat tidaklah baik, kalimatnya bertele-tele dan tidak jelas, maka sudah barang tentu tidak akan menarik perhatian dari perusahaan dan akan akan langsung dicoret dalam daftar karyawan yang akan di terima kerja.

Dalam membuat sebuah surat lamaran pekerjaan harus memperhatikan format dan tata cara penggunaan bahasa serta adanya kesiapan surat pendukung yang lainnya.

Oleh karena itu, dibawah ini akan dijelaskan sedikit mengenai bagaimana cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar agar Anda bisa diterima kerja di perusahaan yang Anda inginkan.

1. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Dalam membuat surat lamaran kerja, Anda harus menyusun kalimat-kalimatnya dengan bahasa yang baik dan benar. Dan jangan menggunakan bahasa gaul, bahasa tidak baku dan bahasa-bahasa lain yang tidak patut untuk dicantumkan.

2. Tulis dengan Kalimat Yang Sopan dan Santun

Dalam membuat surat lamaran kerja, usahakan untuk menggunakan kalimat yang sopan dan santun dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri Anda.

3. Tulis dengan Rapi

Di jaman sekarang masih ada beberapa perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis tangan, karena hal tersebut akan menunjukkan kepribadian dari sang pelamar. Usahakan agar tidak kotor dan tidak ada corat-coret pada tulisan Anda.

Jika surat lamaran kerja menggunakan print out, maka usahakan juga dalam penulisannya tetap rapi. Perhatikan spasi, besar font, pemilihan font dan lain-lain.

4. Siapkan dan Lengkapi Semua Syarat dari Perusahaan

Hal yang penting adalah melengkapi semua surat-surat atau syarat-syarat yang diajukan oleh perusahaan, seperti riwayat hidup, foto copy ijazah, foto copy transkrip nilai dan lain-lain.

5. Lampirkan Sertifikat Pendukung yang Lain

Jika Anda memiliki sertifikat lain, Maka lebih baik untuk melampirkannya untuk menambah kriteria dari kemampuan Anda, sehingga pihak perusahaan akan lebih mempertimbangkan Anda.

Inti dari sebuah surat lamaran kerja sebenarnya ada 3 bagian, yakni:

  • Bagian pembuka

Pada bagian pembuka terdiri dari sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh oleh si pelamar kerja dan bagian lowongan kerja apa yang diminati atau ingin ditempati oleh si pelamar kerja.

  • Bagian isi atau uraian

Pada bagian isi atau uraian ini menjelaskan bahwasanya si pelamar sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang diajukan oleh perusahaan.

Selain itu, dalam bagian ini juga memberikan informasi mengenai data diri si pelamar dan juga keterampilan atau kemampuan yang dimilikinya untuk menunjang posisi atau tempat yang diinginkannya.

  • Bagian penutup

Pada bagian penutup ini berisi tentang harapan dari si pelamar kerja, tentang proses selanjutnya dan juga ucapan terimakasih.

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan sebenarnya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, asal Anda mengikuti kaidah dan tata cara penulisan yang sudah dijelaskan diatas.

Oleh sebab itu, agar lebih gampang dalam membuatnya, Anda membutuhkan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar itu seperti apa. Berikut contoh surat lamaran pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 1: Untuk Programmer

Kapada Yth,
Bapak Kepala Bagian Personalia
PT. Bandung Komputindo
Jl. Mekar Jaya 12
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Saya sangat tertarik dengan iklan Bapak dalam terbitan harian Media Indonesia terbitan hari Jumat, 2 Desember 2016 mengenai adanya lowongan pekerjaan untuk jabatan Computer Programmer. Maka, bersama surat ini saya mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut.

Saya berusia 22 tahun, dan telah menyelesaikan kuliah jurusan Computer Programming di Akademi Komputer (AKAKOM), Bandung pada bulan November 2015, dengan IPK 3.17. Selain kuliah, selama 1 tahun terakhir saya bekerja sebagai asisten instruktur di Pusat Kursus Komputer “Bisa Komputer”, Bandung.

Untuk keterangan lebih terperinci, bersama ini saya lampirkan juga surat keterangan pengalaman kerja, surat tanda kelulusan sementara dari AKAKOM Bandung, daftar riwayat hidup singkat, dan foto terbaru saya.

Saya berkeyakinan bahwa surat ini beserta lampirannya belum cukup untuk dijadikan bahan pertimbangan. Oleh karena itu, saya berharap Bapak akan memberikan suatu kesempatan wawancara kepada saya, sehingga dapat diperoleh keterangan mengenai diri saya secara lebih terperinci dan lengkap.

Hormat saya,

Genta Surya Pradana

2. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 2: Untuk Teknologi Informasi ( TI )

Jl. Kembang Melati 27
Bintaro Jaya Makmur Sentosa
Tangerang 15175
021-5849299
2 Desember 2016

Kepada Yth.
Head of Human Resources Dept.
PT. Jaya Komputindo Indonesia
Bintaro Central Business District
Jl. MH Thamrin B-5
Bintaro Jaya Makmur Sentosa
Tangerang 15175

Dengan hormat,

Saya adalah mahasiswa jurusan Tekhnik Komputer di Universitas Bina Harapan, Bandung, yang telah lulus, dan akan diwisuda untuk menerima gelar Sarjana Teknik Komputer pada bulan Februari 2017.

Saat ini saya sedang mencari pekerjaan dalam bidang yang berhubungan dengan Database/Graphic Package Design dalam suatu departemen pengembangan dan penilitian pada sebuah perusahaan yang berskala besar.

Pada tahun-tahun terakhir perkuliahan, saya bekerja paruh waktu di Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK), sebagai instruktur kursus teknik computer. Untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan, saya juga mengikuti kursus dalam bidang desain grafis dan database. Dengan latar belakang pendidikan, pengetahuan dan keterampilan tersebut, saya yakin akan dapat memberikan kontribusi yang bernilai untuk perusahaan Bapak.

Terlampir adalah daftar riwayat hidup saya, yang memuat rincian pengalaman dan kursus-kursus yang telah saya ikuti. Saya berharap bahwa kualifikasi saya mendapat perhatian dari Bapak, dan sebuah kesempatan interview akan diberikan kepada saya.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Kurnia Indah Lestari

3. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 3: Untuk Manajemen

Jl.Panjang Pendek 115
Kebayoran Lama
Jakarta Utara 12540
2 Desember 2016

Kepada Yth.
Bpk. Priyayi Gondokusumo
Director Personalia
PT. Gunung Perak Sejati Industri
Jl. Gunung Jai 48 B
Jakarta 16575

Dengan hormat,

Saya adalah lulusan Universitas Bina Bangsa, Jakarta jurusan Manajemen, dan akan diwisuda untuk menerima gelar Sarjana Ekonomi pada bulan Februari 2017 mendatang. Saya tertarik untuk bekerja sebagai staf yunior pada perusahaan Bapak. Seorang teman baik orangtua saya, yaitu Bapak Rendra Kusuma, memberikan informasi berharga bahwa PT. Gunung Perak Sejati Industri adalah perusahaan yang solid dan terdepan dalam industri pengelolaan perikanan dan pengolahan hasil perikanan di Indonesia.

Pendidikan yang telah saya tempuh selama perkuliahan mencakup bidang ekonomi yang cukup luas, dengan konsentrasi di bidang statistik, manajemen sumber daya manusia, produksi dan pemasaran.

Saya telah melampirkan curriculum vitae yang menunjukkan riwayat pendidikan dan pengalaman saya, yang saat ini telah berhasil menjalankan manajemen tingkat mikro, dengan membuka sebuah toko kerajinan anyaman di pasar seni Ancol. Dari informasi tersebut, Bapak dapat melihat bahwa saya adalah seorang yang aktif, mempunyai motivasi, dan siap untuk mengembangkan potensi dan memberikan kontribusi yang bernilai di perusahaan Bapak.

Saya berharap, Bapak sudi memberikan kesempatan wawancara. Saya bisa dihubungi di nomor telepon 021-78657456.

Hormat saya,

Suhendra Samsuri

4. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 4: Untuk Umum

Hal : Lamaran pekerjaan
Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia
PT. Lampion Indah Karya Sejati
Jl. Sinar Cahaya Utama No. 31
Jakarta

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Lampion Indah Karya Sejati yang saya dapatkan dari harian Jakarta pada tanggal 16 September 2016. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Lampion Indah Karya Sejati.

Berikut ini adalah biodata singkat saya
Nama : Agus Graha Darmaji
Tempat / tgl. Lahir : Kebumen, 21 April 1994
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Informatika
Alamat : Jl. Kedensari No. 16, Lamongan
Telepon (HP) : 0857643219909

Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
• Daftar Riwayat Hidup
• Foto Copy Ijazah S1
• Foto Copy Transkrip Nilai
• Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
• Foto 3×4 yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.

Hormat Saya,

Agus Graha Darmaji

5. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan 5: Untuk Umum

Surabaya, 2 Desember 2016
Kepada Yth.
HRD Manager PT. Indah Dahlia Abadi
Jl. Kintamani Luhur Sejati No. 9, Surabaya

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar Harian Rakyat Surabaya, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Sheila Riska Amalia
Tempat/Tanggal Lahir : Lamongan, 21 April 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan : SMK Perhotelan Mawar Indah II Surabaya
Alamat : Jl. Aloha Indah No. 77 RT/RW 02/07 Lamongan
Telepon : 087869123467

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:
• Foto Ukuran 3×4
• Foto copy KTP Lamongan.
• Daftar Riwayat Hidup.
• Foto copy Ijazah Terakhir.
• Foto copy SKHUN.
• Foto copy Sertifikat Competensi.
• Foto copy Sertifikat PKL.
• Foto copy Surat Keterangan Refrensi.

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

Sheila Riska Amalia

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai tips menulis surat lamaran kerja, cara membuat surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran pekerjaan umum yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment