Inilah 5 Ciri Kelinci Peliharaan Anda Sedang Hamil

Posted on

Ciri Kelinci Hamil Anda sudah mengawinkan kelinci peliharaan Anda, namun kadang kala tidak yakin apakah telah sukses menjadikan kelinci hamil atau tidak? Sebaiknya Anda harus paham terlebih dahulu ciri kelinci hamil itu yang seperti apa.

Kurangnya pengetahuan tentang ciri kelinci hamil ini akan mengakibatkan kesalahan dalam pemeliharaan sehingga kelinci Anda tidak dapat berkembang biak secara optimal.

Normalnya janin kelinci sudah berkembang pada tujuh hari sesudah kelinci dikawinkan. Di hari ke-10 atau ke-14, kita boleh melaksanakan metode palpasi, yakni perabaan di bagian perut si kelinci.

Bentuk bayi kelinci seringnya bulat mungil layaknya buah blueberry ataupun seperti kelereng. Akan tetapi jangan sampai Anda tertipu dengan kotoran kelinci.

Biarpun mempunyai bentuk serupa ketika diraba namun kotoran agak keras dan padat serta posisinya pada perut bawah dekat dengan tulang belakang.

Sementara bayi kelinci mempunyai tekstur lunak kenyal serta terdapat pada perut sebelah tengah, Apabila telah melampaui masa 14 hari, posisinya janin kelinci sudah bergeser ke arah sekitar bawah kemaluan kelinci.

Cara merabanya cukup mudah, ambil kelinci dan letakkan di pangkuan Anda atau bila tidak letakkan saja di atas meja. Fungsikan kedua tangan, tangan yang satu membelai belai kemudian agak menekan kepala juga tengkuk.

Tangan Anda yang satunya pelan-pelan meraba perut kelinci diawali dari sebelah atas terus menuju sebelah bawah. Harus diperhatikan apabila meraba perut kelinci hamil, kerjakan secara lembut dan perlahan. Apabila terlalu kasar dalam meraba bagian perut, biasanya si kelinci akan meronta.

Cara mengetahui kelinci hamil atau tidak memang paling mudah dilakukan dengan teknik perabaan seperti di atas. Namun ada juga ciri kelinci hamil lainnya.

1. Umumnya area mulut kelinci yang jadi sedikit memerah kala menginjak umur ke-14 masa kehamilan.

2. Terkadang kelinci mengorek-ngorek kandang ataupun tanah menggunakan kakinya.

3. Keinginan makan kelinci pun dengan cepat meningkat karena cepat lapar.

4. Untuk kelinci yang pertama kali hamil, bisa saja akan cenderung agresif bila dibanding sebelum hamil.

5. Seringnya kelinci yang sedang hamil tak bersedia kawin dan tak mau menerima kehadiran kelinci pejantan. Namun ada kalanya juga kelinci betina yang tengah hamil masih ingin kawin. Untuk itu hati hati tidak boleh hal ini terjadi sebab akan mengakibatkan terjadinya hamil susulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *