Proses Cara Pengiriman Barang Melalui Udara

Selain melalui jalut darat dan laut, proses pengiriman barang juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan jalur udara ketika tujuan tersebut sudah menjangkau antar negara demi sampainya barang tersebut di negara tujuan dengan selamat. Namun, tidak menutup kemungkinan, pengiriman antar pulau juga dilakukan melalui udara.

Berbedadenganjenispengirimanlainnya, carapengirimanbarangmelaluiudaraakanmelaluitahapancukuprumitdenganbeberapaketentuanpengiriman barang yang tidak diperbolehkan seperti tanaman, cairan, makanan olahan, ikan frozen hingga hewan hidup.

Dalam proses pengiriman melalui udara ini, pastinya Anda akan melakukan beberapa tahapan mulai dari pengisian form hingga pada akhirnya barang tersebut akan siap untuk dikirim hingga sampai di tempat tujuan.

Tentunya, hal yang semacaminijugamempengaruhibiayapengiriman yang akancenderunglebihmahaljikadibandingkandenganjalurdaratataupunlaut. Bahkan, proses akanbertambahlebihrumitketikamelibatkan proses export dan import.

Syarat pengiriman barang melalui udara yang perlu diketahui

Perlu difahami secara menyeluruh, bahwa Anda yang memanfaatkan layanan pengiriman udara harus mengikuti persyaratan yang ditujukan. Hal ini sangat penting, agar Anda nantinya tidak kerepotan di akhir nanti.

  1. Pastikan barang yang akan Anda kirimkan bukan dalam bentuk uang ataupun juga surat penting dan berharga lainnya termasuk dokumen.
  2. Perhatikan aturan barang yang tertera pada air way bill untuk selalu menyesuaikan dengan aturan yang ada, sebab hal ini akan menjadi tanggung jawab pengirim jika pihak pengirim tidak mentaati peraturan tersebut.
  3. Kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam atau packing yang tidak sesuai bukan lagi menjadi tanggungan pihak agen pengiriman.
  4. Jika ditemukan kerusakan barang yang dikirim karena kesalahan pihak agen pengiriman, maka pengirim barang akan mendapatkan kompensasi uang sebesar Rp 1,000,000 atau sesuai dengan kesepakatan.
  5. Untuk barang yang memiliki nilai tinggi, bisa diajukan pengiriman barang yang berasuransi dengan biaya asuransi tersebut dibebankan pada pihak pengirim.

Jika Anda membutuhkan jasa pengiriman barang melalui udara atau laut, jasa forwarder, kelengkapan dokumen undername, pembuatan COA, COO, dan lain-lain, silahkan hubungi misterexportir.com .

Cara pengiriman barang melalui udara yang perlu diperhatikan

Setelah Anda memenuhi semua persyaratan yang diajukan di atas, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan memperhatikan cara pengiriman barang tersebut melalui jalur udara.

Prosesi pengiriman barang dilakukan dengan menghitung berat, mengisi surat tanda terima hingga packaging. Sebelumnya akan dilakukan proses pengisian STTP (air way bill) yang dilakukan oleh pihak kurir cargo. Pengisian dilakukan sesuai dengan identitas asli pengirim.

Selanjutnya, pihak pengirim akan bertanda tangan pada air way bill yang nantinya akan diberikan tanda pengiriman barang tersebut sebagai tanda bukti adanya proses pengiriman barang tersebut. perlu diperhatikan bahwa dalam pengiriman melalui udara, barang yang akan dikirim akan disesuaikan dengan ukuran pintu masuk pesawat.

Sedangkan ukuran rekomendasi maksimal 150 x 110 x 80 cm. Namun demikian, ukuran tersebut tidaklah bersifat mutlak dan hal ini disesuaikan dengan jenis maskapai yang akan diguanakan untuk mengangkut barang tersebut.

Proses cara pengiriman barang melalui udara memang cukup rumit karena tidak semua barang bisa dikirim melalui udara. Tentunya, hal ini akan menjadikan pertimbangan tersendiri untuk para pengirim menggunakan jasa pengiriman lain ketika membawa beberapa jenis barang kiriman yang dilarang melalui pengiriman udara.

Selain itu, prosesi pengisian air way bill juga perlu dilakukan yang selanjutnya akan dijadikan sebagai tanda bukti pengiriman. Dengan merujuk pada proses cara pengiriman barang melalui udara yang sesuai dengan aturan, maka barang yang akan Anda kirim akan sampai di tempat tujuan dengan aman.

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.