cara-menghilangkan-ngorok
wakeuptothesunriselight.com

Malu Punya Kebiasaan Mendengkur atau Ngorok? Tenang, Ini Cara Mengatasinya!

Posted on

Cara Menghilangkan Ngorok Anda mempunyai teman yang sering mendengkur? Atau malah anda sendiri yang sering mendengkur saat tidur? Kalau iya maka bersegeralah untuk mengatasinya.

Tidur mendengkur atau biasa dikenal dengan istilah ngorok sebenarnya menunjukkan apakah seseorang memiliki gangguan tidur atau tidak.

Kalau anda mengorok dan suaranya keras, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena anda mengalami keterbatasan pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh ketika sedang tidur.

Ketika sedang mendengkur anda biasanya tidak akan sadar ketika melakukannya. Anda mungkin tidak akan terganggu, namun hal itu sangatlah mengganggu bagi siapa saja yang sedang tidur berdekatan dengan anda.

Mungkin tidak jarang mereka terbangun tengah malam dan sulit untuk tidur kembali karena suara dengkuran anda yang sangat mengganggu.

Maka dari itu, anda harus segera mengatasi kebiasaan mendengkur anda dengan segera. Berikut beberapa cara untuk mengatasi kebiasaan mendengkur anda.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Masalah Ngorok atau Mendengkur

1. Tidur dengan Posisi Menyamping

cara-menghilangkan-ngorok
pijar.net

Kebanyakan orang ketika tidur lebih suka posisi terlentang. Posisi terlentang ini ternyata bisa menjadi penyebab mendengkur.

Hal ini karena saat tidur telentang, lidah akan sedikit masuk ke dinding bagian belakang tenggorokan sehingga menyebabkan saluran udara sedikit tersumbat dan mengakibatkan munculnya getaran dan bunyi dengkuran.

Posisi tidur yang baik adalah posisi miring, khususnya miring ke sebelah kanan. Posisi tidur miring ke kanan sangat baik untuk melancarkan pernafasan dan kesehatan jantung.

Tapi jika anda sulit mengubah kebiasaan tidur telentang, maka anda bisa mencoba untuk sedikit meninggikan posisi kepala dengan menambahkan bantal. Hal ini bertujuan untuk melonggarkan saluran pernapasan dan mencegah terjadinya dengkuran.

2. Diet atau Menurunkan Berat Badan

cara-menghilangkan-ngorok
www.gymchalo.com

Menurunkan berat badan atau diet bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi mendengkur. Meskipun orang yang berpostur ideal atau normal pun mengalami mendengkur, namun yang paling berpotensi adalah mereka yang memiliki postur tubuh gemuk.

Maka dari itu, mulailah melakukan program-program penurunan berat badan. Selain mengatasi kebiasaan mendengkur, tentunya juga akan baik bagi kesehatan organ tubuh lainnya seperti jantung.

3. Berhenti Merokok

cara-menghilangkan-ngorok
www.healthyhawaii.com

Bagi anda yang ingin mengatasi kebiasaan mendengkur namun memiliki kebiasaan merokok yang berlebihan, maka solusinya adalah segeralah berhenti merokok.

Merokok menyebabkan pembengkakan dan radang pada selaput lendir hidung dan hal tersebut menurunkan aliran udara saat bernapas serta meningkatkan produksi lendir.

Produksi lendir yang berlebihan akan menyumbat saluran pernapasan sehingga akan menimbulkan suara dengkuran.

4. Istirahat dan Tidur Teratur

cara-menghilangkan-ngorok
www.fitlista.com

Anda mendengkur? sering begadang sehingga waktu istirahat dan tidur anda tidak teratur? Mungkin hal itulah penyebab anda mendengkur saat tidur.

Dalam keadaan yang terlalu lelah, otot tubuh tidak akan bekerja secara maksimal sehingga dapat menimbulkan suara dengkuran. Oleh karena itu, imbangilah aktivitas harian yang anda lakukan dengan istirahat yang cukup sekitar 7-8 jam sehari.

5. Berhenti Minum Alkohol

cara-menghilangkan-ngorok
softwarepuskesmas.com

Mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang tentunya akan berdampak sangat buruk untuk kesehatan tubuh anda. Alkohol juga menjadi salah satu penyebab anda mendengkur.

Alkohol dapat menekan saluran pernafasan dan mengganggu relaksasi otot sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. Hal inilah yang kemudian memicu suara dengkuran pada saat anda tidur.

6. Minum Banyak Air

cara-menghilangkan-ngorok
thetoothhandgumshop.com.au

Meminum air secara teratur juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi kebiasaan mendengkur. Dengan mengkonsumsi air, penyumbatan di hidung anda menjadi lebih lembut dan lebih mudah untuk dihilangkan.

Sehingga aliran udara yang melewati hidung bisa mengalir dengan lancar dan tidak Mandi akan menyebabkan suara dengkuran.

7. Mandi dengan Air Hangat

cara-menghilangkan-ngorok
www.merries.co.id

Aktivitas yang berat seharian akan membuat badan anda capek dan tidak fit. Saat tubuh tidak fit, saluran pernapasan pun akan sedikit terhambat, seperti saat terserang flu sehingga dapat menyebabkan terjadinya suara dengkuran.

Mandi dengan menggunakan air hangat akan membantu merelaksasi tubuh sehingga mampu melancarkan saluran pernapasan dan membersihkan hidung saat terserang flu untuk menghindari terjadinya dengkuran saat tertidur.

Demikian beberapa tips untuk mencegah mendengkur atau ngorok saat tidur. Jika ada saran, kritik atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

4 thoughts on “Malu Punya Kebiasaan Mendengkur atau Ngorok? Tenang, Ini Cara Mengatasinya!

  1. Hm benar sekali. Para perokok, kalau sudah mulai ngorok mestinya mulai membatasi atau menghentikan rokoknya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *