Cara Menggambar Pemandangan Alam Langkah Demi Langkah

Posted on

CARA MENGGAMBAR PEMANDANGAN – Bagi anak-anak, menggambar dengan tema pemandangan alam memang menjadi primadona tersendiri. Hal ini dikarenakan tema tersebut memang terlihat sangat sederhana dan mudah untuk digambar.

Meskipun demikian, belum tentu kamu yang saat ini telah beranjak dewasa sudah bisa membuat gambar tema pemandangan itu menjadi nyata dan nyaman dilihat. Nah, dalam artikel kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara menggambar pemandangan gunung dan sawah dengan benar. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mencari Inspirasi

cara menggambar

Jika bayangan yang akan kamu gambar masih melayang-layang di atas pikiranmu, cobalah untuk keluar sejenak dan lihatlah beberapa pemandangan indah secara real.

Jika tempat tinggalmu masih jauh dari daerah sawah dan pegunungan, browsing dengan menggunakan Internet dalam mencari foto pemandangan juga tidak ada salahnya.

Sehingga kamu bisa menuangkan gagasan berupa lukisan pemandangan yang sesuai dengan foto atau objek yang kamu lihat secara nyata.

2. Membuat Sketsa Dasar

cara menggambar pemandangan

Ada baiknya jika menggunakan pensil terlebih dahulu saat membuat sketsa dasar sebelum memulai menggambar pemandangan alam. Hal ini bertujuan agar sketsa tipis tersebut bisa dihapus dan direvisi kembali dengan lukisan yang baru. Sebelum memberikan warna, usahakan membuat sketsa yang benar-benar bagus.

3. Bentuklah Gambar Sesuai dengan Aslinya

cara menggambar pemandangan alam

Disini kamu harus belajar untuk membuat bentuk objek yang akan digambar sesuai dengan aslinya. Misal, membuat hamparan padi sesuai aslinya, bukan dengan huruf V yang digambar secara berjajar.

Membuat bentuk objek terlihat seperti aslinya memang membutuhkan keahlian tingkat tinggi. Akan tetapi, hasil pasti tak pernah membohongi usaha. Gambar yang dilukis secara nyata akan lebih bagus ketimbang asal gores saja.

4. Saatnya Memilih Warna

cara menggambar pemandangan alam

Pensil warna, crayon dan cat air bisa kamu gunakan sebagai alat pewarna pada kanvas lukisan. Dalam hal ini, tentu tiap orang mempunyai selera warnanya masing-masing.

Jika kamu adalah seorang pelukis pemula, menggunakan pensil warna mungkin bisa kamu jadikan pilihan terbaik. Selain penggunaannya yang mudah, menggunakan pensil warna juga dapat mengurangi tingkat kesalahan dalam proses pemberian warna pada lukisan.

Masih belum puas dengan pensil warna? Cobalah menggunakan crayon atau cat air agar warna yang dihasilkan menjadi lebih tajam. Usahakan untuk meruncingkan crayon secara perlahan jika dirasa masih kesulitan saat menggunakannya.

Video Tutorial Cara Menggambar Pemandangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *