Cara Mengawinkan Kelinci Jantan dan Betina yang Benar

Cara Mengawinkan Kelinci Dalam budidaya kelinci, cara mengawinkan kelinci adalah salah satu hal yang harus dikuasai. Ada aturan aturan yang mesti dipatuhi untuk urusan mengawinkan kelinci ini. Dan berikut ini cara mengawinkan kelinci yang benar :

1. Kelinci betina ditempatkan di kandang pejantan. Kelinci jantan perlu dominasi, dengan begitu dia bisa makin agresif kawin di daerah kekuasaannya sendiri.

2. Mengawinkan kelinci ini sebaiknya di pagi hari mulai dari jam 6 sampai 8 pagi. Bila tak memungkinkan maka malam hari antara jam 6 sampai 8 malam pun boleh.

3. Sebelum acara kawin dimulai, tentunya keduanya butuh ritual “cumbuan”. Terlihat dari pejantan yang berputar putar mengelilingi betina. Jika kondisi kandang tak memungkinkan, sebaiknya acara kawin di luar kandang saja.

4. Jantan dikeluarkan lebih dahulu. 15 menit kemudian baru betina yang dikeluarkan. Hal tersebut diperlukan mudah-mudahan kelinci merasa mendominasi daerahnya dahulu. Umumnya bila pejantan sudah kencing, itu pertanda ia menguasai areanya. Kemudian baru betina dikeluarkan.

5. Tunggu sebentar agar keduanya saling kejar beberapa saat sebelum kawin. Sebelum pejantan memulai proses kawin, seringnya si betina merunduk, dan pejantan berada di atas. Ekor kelinci betina akan naik sebagai tanda agar pejantan segera memulai ritual kawin.

6. Sesudah itu ambil kelinci betina dari kandang jantan. Istirahatkan sekitar 15 menit untuk selanjutnya dikawinkan lagi dengan pejantan tadi. Ulangi untuk yang ketiga kali. Namun apabila di perkawinan ketiga ini kelinci betina tidak mau, maka sudahi saja. Lalu bagaimana jika perkawinan dilakukan di alam bebas? Tak perlu diistirahatkan. Biarkan keduanya kawin sendiri. Cukup 1/2 jam keduanya di alam bebas, sesudah itu dikembalikan ke kandang.

7. Kenapa ada kelinci betina yang tak mau dikawin oleh pejantan? Boleh jadi karena lagi hamil, namun pada keadaan hamil pun kelinci mampu kawin dan hamil lagi.

8. Kelinci betina yang tidak mau dikawin kelinci jantan pun biasanya dapat dikarenakan sejumlah alasan selain hamil, Alasan pertama yaitu si betina tak suka kelinci jantan itu. Penyelesaiannya pun mudah, yaitu dengan mengganti pejantan lain. Alasan kedua adalah si betina tak nyaman berada dalam kandang pejantan, Jalan keluarnya ialah mengawinkannya di alam bebas. Alasan lainnya yaitu si kelinci betina sedang stres. Untuk yang satu ini Anda disarankan untuk tidak mengawinkannya lebih dulu.

Nah kan cara mengawinkan kelinci itu mudah, anda hanya harus memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan sang kelinci bila akan kawin.

Leave a Comment