Inilah Ciri dan Cara Ampuh Untuk Mengatasi Depresi

Cara Mengatasi Depresi Kesehatan memang sangatlah penting, tak hanya kesehatan tubuh tapi juga kesehatan jiwa. Bahkan kesehatan jiwa lebih sulit penanganannya.

Penyakit ditubuh lebih mudah untuk diobati akan tetapi penyakit jiwa lebih sulit. Perlu keteguhan hati dan tekat yang kuat.

Ada banyak penyakit kejiwaan yang masih tergolong ringan, contohnya seperti stress, susah untuk tidur dan depresi. Artikel berikut ini akan membahas tentang depresi, bagaimana sih tips mengatasi depresi?

Sebelumnya kita patut membahas penyebab dari depresi itu sendiri. Orang yang mengalami depresi biasanya adalah orang yang sedang menghadapi banyak kesulitan hidup.

Contohnya seperti patah hati, di PHK, perceraian, ditinggal oleh orang yang disayangi, pemakaian obat-obatan serta masih banyak lagi.

Sebelum membahas tips mengatasi depresi, ada baiknya kita harus mengerti dan mengetahui ciri-ciri dari depresi itu sendiri.

Ciri-ciri Orang yang Depresi

  • Rasa sedih, hampa dan cemas yang berlarut-larut
  • Selalu pesimis dan tidak percaya diri
  • Mempunyai rasa bersalah yang teramat sangat
  • Kehilangan gairah untuk melakukan kegiatan bahkan kegiatan yang paling menarik untuk dirinya
  • Badan rasanya lemah dan selalu merasa lelah
  • Sulit berkonsentrasi serta fokus pada beberapa masalah
  • Sulit makan atau doyan makan sehingga orang tersebut menggemuk atau malah mengurus
  • Insomnia (sulit tidur) atau hipersomnia (mudah tidur)
  • Lebih mudah tersinggung
  • Hidupnya tidak tenang

Berikut adalah cara mengatasi depresi. Depresi yang kita alami sebenarnya dapat diatasi dengan cara yang mudah dan sederhana.

Cara Mengatasi Depresi

  1. Rutin dalam berolahraga. Artinya adalah sisakanlah beberapa menit dalam sehari untuk sekedar berolahraga ringan. Baik dilakukan pada saat pagi hari. Lakukan secara teratur, maka terciptalah kesehatan tubuh dan jiwa.
  2. Luangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan yang menjadi hobi. Contohnya membaca buku, bermain sepak bola, bermain futsal, memancing, melukis dan kegiatan lainnya yang sesuai dengan hobi.
  3. Sebanyak mungkin melewati tempat yang asri. Contohnya seperti melewati pegunungan, pedesaan, dan tempat alami yang membuat pikiran menjadi tenang disaat sedang depresi atau bersedih hati.
  4. Ketika sedang mengalami depresi, buatlah diri anda tertawa entah itu dengan cara bergurau bersama teman, menonton film komedi ataupun kegiatan lain yang memancing tawa. Tertawa adalah obat depresi. Bisa juga dengan cara mengikuti terapi tertawa.
  5. Tanamkanlah sikap berani. Keberanian yang tinggi akan mengubah kehidupan kearah yang lebih baik. Akan tetapi patut dicatat bahwa keberanian itu haruslah keberanian yang positif. Hal tersebut akan berpengaruh agar depresi pulih secara perlahan tapi pasti.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri depresi dan cara mengatasi depresi. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply