Inilah 9 Cara Ampuh Menahan Lapar Untuk Diet yang Sehat

Cara Menahan Lapar Saat rasa lapar datang, berarti hal tersebut adalah tanda atau alarm bahwa tubuh sedang butuh makan dengan segera.

Namun bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet, maka mereka akan menahan lapar untuk mensukseskan programnya.

Perlu hati-hati terhadap resiko menahan lapar ini sebab hal tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan dan lambung, seperti penyakit maag dan beberapa penyakit yang lain.

Ada dua cara menahan lapar saat Anda melakukan program diet, yakni berusaha mencegah agar rasa lapar tidak gampang datang dan memperbolehkan tubuh menerima makanan kecil saat tubuh merasa lapar.

Dibawah ini terdapat tips yang bisa Anda lakukan jika Anda sedang menjalani program diet dan ingin tidak gampang lapar atau menghindari godaan untuk makan.

1. Berolahraga Rutin

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar perut tahan terhadap rasa lapar adalah dengan membuat selalu aktif.
Anda bisa melakukan berbagai aktivitas fisik yang disukai, seperti bermain sepak bola, futsal, renang, bersepeda.

Banyak Aktivitas olahraga yang bisa dilakukan, selain untuk menahan rasa lapar juga dapat membakar kalori.
Makan Tepat Waktu

Untuk menahan rasa lapar, maka salah satu solusi ampuhnya adalah dengan makan tepat waktu. Misalnya sarapan dilakukan jam 1-2 setelah bangun tidur, lalu 3-4 jam kemudian untuk makan siang dan seperti itu dilakukan untuk hari-hari selanjutnya.

2. Memakan Makanan Kaya Serat Untuk Makan Besar

Menyiapkan hidangan yang kaya akan kandungan serat merupakan salah satu cara menahan lapar. Serat mudah untuk dicerna dalam tubuh dan rasa kenyangnya juga bisa tahan lama.

Anda juga bisa mengonsumsi beberapa sendok nasi putih untuk sumber karbohidrat penyeimbang serat, dan bisa juga menambah sayuran dan lauk berserat tinggi.

3. Mendapatkan Waktu Tidur Cukup

Anda harus membiasakan tubuh untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan teratur, yaitu 7-8 jam sehari untuk tidur. Hal ini bisa bermanfaat untuk menahan rasa lapar.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, seseorang yang makan lebih banyak, terutama makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi adalah seseorang yang kurang tidur.

4. Mengalihkan Perhatian

Untuk menahan rasa lapar, Anda bisa mengalihkan perhatian ke hal-hal yang membuat Anda sibuk sehingga focus Anda tidak hanya pada makanan atau rasa lapar.

5. Mengendalikan Setres

Kebanyakan orang setres atau tertekan biasanya menjadikan makan sebagai pelarian. Saat setres, makan sebenarnya adalah kegiatan yang tidak terlalu penting dan hanya dilakukan untuk membuat Anda merasa nyaman saja.

Makanan yang mengandung lemak dan gula adalah pelepas setres terbaik karena memang bisa membuat rasa nyaman, untuk itulah perlu mengendalikan setres agar perut tidak merasa lapar.

6. Minum Air Putih

Salah satu diet yang sudah umum dilakukan adalah diet air putih untuk mengganjal rasa lapar. Anda akan merasa lebih baikan sesudah meminum air putih karena rasa lapar tidak akan muncul.

Namun, terkadang beberapa waktu kemudian perut Anda berbunyi yang berarti Anda merasa lapar, maka minumlah lagi air putih sebanyak 1-2 gelas dan begitu seterusnya sampai jam makan Anda tiba.

7. Menghindari Membuka Kulkas

Biasanya orang yang merasa lapar akan sering membuka kulkas dan jika ada makanan, maka otomatis akan mudah tergoda untuk memakannya.

Sebelum Anda menyesal karena sudah makan sebelum waktunya, maka tahan rasa lapar Anda dan usahan untuk menghindari membuka kulkas.

8. Makan Gandum Sebagai Menu Sarapan

Dari sarapan menuju jam makan siang biasanya akan banyak sekali godaan dan Anda juga akan mudah merasa lapar. Oleh karenanya, saat sarapan cobalah untuk mengonsumsi gandum yang memang dapat membuat kenyang dalam waktu yang lebih lama.

9. Makan Camilan Dengan Cuka Sari Apel

Salah satu cara mengurasi rasa lapar yang enak adalah dengan memakan camilan, seperti roti yang ditambah dengan cuka sari apel.

Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005, melaporkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi cuka sari apel yang dicampur dengan roti bisa menahan lapar lebih lama daripada mereka yang hanya mengonsumsi roti saja.

Jika Anda membutuhkan cuka sari apel, maka silahkan beli di teman saya yang jual cuka apel tahesta berkualitas dengan harga bersahabat.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menahan rasa lapar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply