Cara Membuat Tas Rajut untuk Pemula

Seperti yang kita ketahui, saat ini suatu produk yang berasal dari kerajinan tangan memang banyak sekali jenisnya dan juga banyak digandrungi. Produk hasil kerajinan tangan tersebut menjadi pesat perkembanganya karena dengan kemajuan teknologi serta dengan berkembangnya inovasi yang diciptakan oleh  mereka yang kreatif.

Salah satu produk kerajinan tangan yang banyak diminati dan bisa dikatakan tidak terlalu sulit  dibuat yaitu tas rajut. Apalagi bagi anda yang memiliki keinginan membuka usaha penjualan tas model rajut yang bisa anda lakukan sendiri.

Memang sih kegiatan merajut seringkali dilakukan oleh mereka yang memiliki hobi dalam bidang ini. bagi mereka yang memiliki hobi memang kegiatan merajut bisa begitu menyenangkan. kegiatan merajut memang seringkali dilakukan oleh kaum hawa, namun kaum pria pun ada yang juga menyukai kegiatan yang satu ini.

Tentu laki-laki yang aktif melakukan kegiatan yang ada hubungannya dengan benang dan juga jarum ketika sedang merajut bisa dibilang karismatik sekali ya. namun tentu saja untuk merajut ini tidak semudah itu, dan anda pun harus memperhatikan beberapa aspeknya.

Misalnya saja ketika sebelum anda merajut maka anda perlu memahami teknik dalam kegiatan merajut seperti misalnya Crochet dan juga Knitting. Kedua teknik tersebut memiliki perbedaan pada banyaknya jarum yang akan digunakan.

Perlu anda ketahui, untuk membuat teknik Crochet untuk membuat tas rajut yaitu menggunakan hanya satu jarum, sedangkan untuk teknik Knitting yaitu menggunakan 2 buah jarum dalam prosesnya.

Untuk membuat tas rajut tersebut, maka anda juga perlu menyiapkan peralatan yang diperlukan misalnya yaitu Hakpen atau yang lebih dikenal dengan istilah Hook . Alat tersebut harus berukuran sama dengan benang yang akan anda gunakan ya. Mengapa? Karena jika ukuran  alat dan benang tidak sama maka hasil rajutan yang anda hasilkan akan kaku atau terlihat tidak rapi.

Baca juga : Cara Membuat Paper Bag Sendiri dari Kertas Kado

Selain perlengkapan yang telah disebutkan tadi, anda juga perlu menyiapkan benang ya. berbicara  tentang benang untuk merajut, memang terdiri bermacam jenis seperti benang kinlon, benang wol kenari, benang katun, benang nilon, dan lainya.

Untuk merajut, jangan lupa juga untuk  menyiapkan jarum dan juga gunting sebagai tambahan ya. nah, berikut adalah cara membuat tas rajut yang perlu anda ketahui!

 

Tutorial Cara Membuat Tas Rajut Bagi Pemula

Cara membuat tas rajut untuk dasarnya bagi anda yang masih pemula adalah sebagai berikut:

  • Untuk membuat tas rajut, maka langkah pertama anda bisa membuat simpul awal. Bagaimana caranya? Yaitu anda perlu  yaitu melingkarkan benang ke jarum yang akan anda gunakan untuk merajut lalu anda perlu meletakkan sisa benang tadi ke tengah lingkaran hook atau hakpen.
  • Langkah berikutnya untuk merajut yaitu anda perlu  dengan memasukkan jarum pada bagian bawah atau tengah lingkaran benang yang anda gunakan tadi.
  • Jika langkah sebelumnya sudah, aka anda perlu menarik benangnya tadi memanjang kemudian simpul yang anda buat  tadi bisa anda satukan.
  • Nah, jika teknik dasar untuk merajut tandai sudah berhasil anda lakukan, maka langkah selanjutnya anda perlu membuat simpul rantainya. Langkah pertamanya yaitu anda perlu mengaitkan Hook ke benang rajut anda.
  • Jika anda sudah mengaitkan, langkah berikutnya anda perlu menarik  benangnya hingga keluar dari Hook tersebut
  • Langkah tersebut bisa anda ulangi terus menerus sampai hasi rajutan panjang dan tentu saja menyesuaikan keinginan anda. Nah, ketika simpul rantai tersebut memanjang, maka anda bisa memulai untuk membuat posisi rajutan berdiri sebanyak dua atau tiga baris.
  • Selanjutnya anda bisa membuat pola rantai rajutan yaitu dengan membuat sebanyak 4 rantai dan kaitkan Hook ke benang yang sebelumnya telah anda siapkan.
  • Kemudian jika langkah sebelumnya berhasil maka anda perlu memasukkan Hook di lubang ke 5 dan kaitkan Hook ke benangnya lalu tarik.
  • Selanjutnya anda perlu mengaitkan Hook ke benang yang sudah anda rajut tadi dan tarik ulang melewati 2 buah lubang sebelumnya.
  • Hook dan benang disatukan kemudian tarik kembali melewati 2 buah lubang tadi. Pada tahapan tersebut anda melakukan secara berulang.
  • Namun perlu anda perhatikan yaitu anda perlu memasukkan hook dan benang pada 2 buah lubang yang paling akhir yang anda buat.
  • Nah, lalu langkah terakhir untuk membuat tas rajut tersebut yaitu anda perlu membuat simpul yang berulang hingga bagian ujung simpul bisa saling bertemu.
  • Kemudian, jika langkah sebelumnya berhasil anda perlu memutar pada bagian balik dari rajutan tersebut. Langkah tersebut harus anda lakukan hingga akhirnya kedua sisi  rajutan bisa saling terkait ya.

Nah, Itulah tadi sedikit ulasan tentang langkah dasar cara membuat tas rajut. Anda bisa lho  melakukanya sendiri di rumah atau bahkan anda bisa menjadikan kegiatan merajut tersebut sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Silahkan mencoba ya, siapa tahu berhasil.

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.