Cara Membuat Tas dari Kain Flanel dan Gambarnya

Berbicara tentang kain flanel, memang kain flanel memiliki banyak sekali manfaat penggunaan. Bagi anda yang memiliki kreatifitas dan ketelatenan, kain flanel bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam produk yang berkualitas lho. misalnya saja yaitu untuk membuat produk seperti tas, dompet, topi dan lainya.

Jadi dengan memanfaatkan kain flanel,  jika anda anda memiliki kemampuan untuk membuat produk tersebut maka bisa mendapatkan potensi keuntungan yang lumayan menjanjikan.

Baca juga : Cara Membuat Tas Rajut untuk Pemula

Nah, bagi anda yang masih awam dengan kain flanel. Perlu anda ketahui jika kain flanel merupakan kain yang pengolahannya melalui proses penenunan. Tekstur yang terdapat pada kain flanel pun cukup beragam karena telah melalui proses pemanasan dan juga penguapan. Tekstur dari kain flanel tersebut juga tergantung dari kualitas wolnya.

Lalu bagaimana cara untuk membuat suatu produk dari kain flanel misalnya membuat tas? Nah, cara membuat tas dari kain flanel tersebut ternyata cukup mudah lho. Anda pun bisa menerapkanya sendiri di rumah.

Dengan anda membuat kerajinan tangan dengan bahan kain flanel ini bisa jadi sebuah modal usaha yang baik. mengapa? Karena kerajinan dari kain flanel memang cukup populer saat ini dan banyak digandrungi. Apalagi nih kain flanel memang cukup mudah didapat dan tersedia di berbagai toko. Untuk membuat tas dari kain flanel tersebut, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut lho.

Langkah-langkah / Tutorial Cara Membuat Tas dari Kain Flanel

cara membuat tas dari kain flanel | www.create-enjoy.com

Baca juga : Cara Membuat Dompet dari Kain Flanel

 

Mempersiapkan Alat dan Bahan

www.create-enjoy.com

Untuk membuat tas dari kain flanel, tentu saja terlebih dahulu anda harus menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Hal tersebut perlu anda perhatikan untuk memudahkan anda dalam proses pembuatannya. Misalnya saja yaitu menyiapkan alat seperti gunting, jarum jahit, lem tembak, penggaris, bolpoin dan juga jarum pentul.

Kemudian bahan yang perlu anda perlukan seperti Kain flanel dengan warna sesuai keinginan anda , tali kur, perekat kain, benang jahit (sewarna dengan kain flanel), kertas, serta  isolasi.

Menggambar Sketsa

www.create-enjoy.com

Nah, jika anda sudah menyiapkan semua alat dan bahan untuk membuat tas dari kain flanel, maka anda juga perlu membuat sketsa untuk membuat tas tersebut. Suatu sketsa memang sangat diperlukan yaitu untuk membuat pola dari tas yang anda buat tersebut. Jika anda masih pemula dalam membuat tas tersebut, maka jangan membuat sketsa yang rumit ya.

Karena membuat sketsa sketsa tas yang rumit membutuhkan keahlian khusus sehingga bisa jadi akan memakan waktu lama. Jadi jika anda akan  membuat tas bentuk kubus maupun balok, anda bisa menerapkan pelajaran yang anda dapatkan di sekolah misalnya dalam membuat jaring-jaring.

Proses Pemotongan

 

www.create-enjoy.com

Dalam membuat tas dari kain flanel, maka proses utama yang perlu anda kuasai yaitu dalam proses pemotongan. Untuk melakukan pemotongan kain ini maka akan lebih baik jika anda membuat pola terlebih dahulu di kainnya. Hal tersebut bertujuan agar anda  tidak salah saat memotongnya.

Untuk memotong kain flanel tersebut, maka akan lebih baik jika anda menggunakan gunting yang tidak tumpul dan jenis rotary untuk memotongnya ya. Agar hasil lebih maksimal, anda pun juga perlu menggunakan penggaris dan alas kain saat melakukan proses pemotongan kain flanel tersebut.

 

Persiapkan Tali

www.create-enjoy.com

Nah, jika anda sudah melakukan pemotongan kain flanel yang akan anda buat menjadi tas, maka anda pun juga memerlukan tali untuk melengkapi tas tersebut. Tali tersebut berguna sebagai pegangan tangan atau di selempang di bahu. Untuk mendapatkan tali tersebut anda bisa memanfaatkan tali dari sabuk kulit bekas. Jika bahan tersebut tak ada maka anda bisa memakai kain flanel atau kain lainnya dengan memotongnya secara vertikal.

 

Proses Penjahitan

www.create-enjoy.com

Langkah selanjutnya untuk membuat tas dari kain perca  adalah proses penjahitan ya. perlu anda ketahui, dalam proses penjahitan tersebut memang sedikit rumit. Anda pun perlu kesabaran dan jangan terlalu banyak gunakan potongan-potongan.

Mengapa? Karena jika anda terlalu banyak menggunakan potongan maka titik-titik penjahitan semakin banyak. Nah, ketika anda menjahit bagian body tas tersebut, maka akan lebih baik jika anda menjahit secara melingkar pada titik yang anda jahit tersebut.

Saat anda menjahit tas tersebut maka akan terlihat kan bekas jahitan nya. Nah, maka untuk menutupi jahitan, anda bisa memakai kain flanel warna lain kemudian bagian tersebut jahitlah lagi . namun ingat jahitan pada bagian cover tersebut, maka  harus rapi karena menentukan nilai produknya lho..

 

Memperkuat Bagian Bawah

www.create-enjoy.com

Berbicara tentang tas, memang bagian tas yang perlu diperhatikan saat pembuatan adalah bagian alas atau bawahnya. Tentu saja karena bagian bawah tas akan menahan beban berat yang ada didalamnya.

Jika tidak kuat menahan beban berat, tas akan jebol atau rusak. Gunakan alas tambahan di bagian tas dan jahitlah bagian tersebut untuk menambah kekuatan menahan beban.

 

Menambah Aksesoris Tas

Cara membuat tas dari kain flanel berikutnya adalah dengan menambahkan aksesoris pada tas anda tersebut. Anda tak ingin kan memiliki tas yang biasa-biasa saja tanpa adanya aksesoris yang membuatnya tampak menarik. Menambahkan aksesoris pada tak memang bisa menambah ketertarikan orang lain yaitu . misalnya saja anda menambah kancing pada tas, bros, manik-manik dan lain sebagainya.

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.