Inilah Cara Membuat Pupuk Organik Sendiri yang Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Pupuk Organik Pupuk organik merupakan jenis pupuk yang terbuat dari bahan makhluk hidup, contohnya seperti pelapukan sisa-sisa tumbuhan dan hewan.

Pupuk organik ini bisa berupa padat maupun cair, yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan sifat-sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Dalam pupuk organik banyak sekali unsur hara.

Seringkali kita menemukan orang beralasan malas untuk menanam karena mereka tidak punya lahan, sulit mencari tanah untuk media tanam, susah menemukan penjual pupuk dan kendala lain terkait media tanam.

Padahal, sebenarnya tanah yang sering kita manfaatkan sebagai media tanam itu merupakan hasil pelapukan batuan dan bahan organik yang ada dimuka bumi, jadi cara termudah dan termurah agar memiliki media tanam adalah melapukkan bahan organik disekitar kita.

Lalu bagaimana cara membuat pupuk dengan bahan organik?

Pertama yang harus kita siapkan adalah ember atau wadah bekas yang ada tutupnya, lalu kita buat lubang dibagian bawah beberapa buah dengan diameter 1-3 cm.

Apabila tidak memiliki wadah bekas kita bisa menggunakan pot dengan diameter minimal 35 cm, lebih besar lebih baik, lalu kita carikan penutup berupa tatakan pot dengan ukuran diameter yang sesuai.

Jual Nutrisi Hidroponik

Setelah lubang selesai kita buat, gali lubang tanah disekitar kebun, halaman dengan kedalaman setengah dari tinggi ember atau pot yang akan kita gunakan.

Setelah itu masukkan ember/pot kedalam lubang dan kemudian rapikan bagian tepinya.

Ember dibenamkan setengah bagian, hal ini dimaksudkan untuk menjaga temperatur agar tetap stabil, tidak terlalu panas, serta aroma yang muncul saat proses pelapukan tidak terlalu menyengat.

Selain itu karena dibagian dasar ember dilubangi, maka akan memungkinkan organisme seperti cacing dan mikroba yang membantu mempercepat proses pelapukan dapat masuk ke dalam pot.

Bahkan ketika terjadi hujan, air yang meresap kedalam tanah akan membantu meningkatkan kelembaban dan turut mempercepat pelapukan.

Sampai disini, proses pembuatan “komposter” sederhana sudah selesai. Setelah itu, tinggal mengisinya dengan bahan organik yang kita kumpulkan.

Bahan organik yang dapat kita masukkan disini dapat berupa rumput-rumputan yang kita cabut dihalaman, daun daunan kering, limbah sayuran dari dapur atau kulit buah-buahan yang kita makan.

Satu hal yang perlu diingat, jangan menambahkan limbah rumah tangga yang berasal dari sisa makanan, kulit/sisik ikan serta sisa-sisa dapur yang mengandung daging karena akan menimbulkan aroma tidak sedap dan mendatangkan belatung.

Setelah terisi, meskipun cuma sedikit, tinggal tutup dan biarkan begitu saja sampai seluruh bahan melapuk. Untuk mengoptimalkan pelapukan, dapat pula ditambah kotoran sapi atau kotoran kambing serta disiram setiap pagi menggunakan air cucian beras.

Air cucian beras ini digunakan karena didalamnya terkandung karbohidrat yang dibutuhkan sebagai sumber energi bagi mikrobia pelapuk.

Bahan organik akan melapuk sempurna dalam waktu 3-4 minggu, dan kita cukup dengan mengeluarkannya dari wadah, biarkan di udara terbuka selama satu hari dan bahan organik siap dipergunakan sebagai media tanam.

Jual Nutrisi Hidroponik

Jika kita mempunyai 3 sampai 4 wadah pelapuk saja, sudah cukup untuk mengisi beberapa pot untuk sayuran.

Selain itu, tentunya dengan mengolah limbah organik domestik sehingga tidak membebani tempat pembuangan sampah umum, serta kita turut menjaga kesehatan lingkungan.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat pupuk organiknya?

Leave a Reply