Cara Membuat Pesawat dari Kertas Origami dan Buku Tulis

Kertas kini bukan hanya sekedar media alat tulis biasa. Tapi juga bisa menjadi kerajinan tangan lainnya. Seperti cara membuat pesawat dari kertas lipat. Bagi anak-anak tentu mereka sangat menggandrungi kerajinan ini karena langkah-langkah melipatnya sangatlah mudah.

Baca juga : Cara Membuat Perahu dari Kertas Buku Tulis

Namun, cara membuat pesawat dari kertas kali ini tidaklah mainstream seperti kebanyakan. Bentuknya pun juga beragam, mulai dari yang paling simple sampai paling unik. Penasaran mau tahu seperti apa? Yuk ikuti langkah-langkahnya.

Cara Membuat Pesawat dari Kertas

Cara Membuat Pesawat dari Kertas “The Eagle”

Sebenarnya ini adalah tutorial dasar dalam membuat pesawat kertas. Hampir seringkali masa kecil kita pastinya tidak pernah lepas dari adanya mainan lipat-melipat ini. Sayangnya, dulu kita tidak begitu mengenal istilah-istilah beberapa macam pesawat kertas, seperti the eagle misalnya.

Pertama, buatlah penanda garis tengah kertas secara vertikal dengan melipatnya. Dilanjutkan dengan membuat lipatan segitiga, kemudian lipat lagi ke arah bawah.

Kemudian buat lagi lipatan segitiga kedua di bagian atasnya namun tidak meruncing (seperti lipatan pertama). Kemudian kunci lipatan segitiga kedua tersebut dengan lipatan segitiga pertama, posisinya tepat di bagian bawah.

Sentuhan terakhir, buatlah sayap pesawat kertas dengan cara melipatnya ke arah atas. Jika sudah, maka cobalah untuk menerbangkan pesawat dengan sedikit dorongan ke depan.

Apabila manuvernya kurang mulus, kamu bisa memberikan lipatan kecil pada kedua sayapnya. Seperti ilustrasi di bawah ini.

Cara Membuat Pesawat dari Kertas

pinterest.com

 

Cara Membuat Pesawat dari Kertas “Flying Wing”

Pesawat dari kertas ini disebut demikian karena bentuknya yang hanya terlihat seperti sayap saja. Proses pembuatan flying wing tidaklah rumit, karena hanya dibutuhkan teknik melipat sederhana.

Mula-mula siapkan kertas buku tulis dengan ukuran 8,5 x 11 inci. Kemudian lipat secara vertikal menjadi dua bagian. Kemudian lipat lagi sepertiga bagian atasnya mengarah ke bawah. Lalu lipat lagi seperempat bagian atasnya mengarah ke bawah.

Jika sudah, lipat kedua bagian lalu buatlah lekukan tepat di bagian tengahnya, sampai membentuk dua buah sayap. Agar pesawat dari kertas tetap stabil saat terbang, buatlah sedikit lipatan di ujung sayapnya dengan mengarah ke atas.

Cara Membuat Pesawat dari Kertas Flying Wing

pinterest.com

Selesai! maka pesawat flying wing siap diterbangkan. Pesawat kertas ini hanya mempu menampung sedikit dorongan agar mampu tetap stabil saat terbang di udara.

Pesawat kertas flying wing memiliki karakteristik yang berbeda dengan the eagle. Flying wing hanya cocok diterbangkan di dalam ruangan, sementara the eagle selebihnya dari itu atau bisa juga di luar ruangan. Sehingga wajar jika jenis pesawat dari kertas ini tidak cocok untuk terbang dalam jangka waktu lama.

 

Cara Membuat Pesawat dari Kertas “High Glider”

Dinamakan high glider karena pesawat dari kertas ini mampu menjaga kestabilan dengan baik saat berada di ketinggian. Bahkan bisa saja ia mengudara hingga 10 detik. Tergantung dari gaya dorong dan luas wilayah yang digunakan.

Cara membuat pesawat kertas high glider sebenarnya hampir sama dengan the eagle, perbedaannnya hanya terletak pada sedikit modifikasi bagian depan atau hidung pesawat saja.

Sebelum memulai membuatnya, siapkan kertas buku tulis dengan ukuran 8 x 11 inci atau bisa juga dengan kertas lainnya asal memiliki ukuran lonjong. Kemudian lipat kertas itu ke dalam dua bagian.

Lalu buka lagi, selanjutnya buatlah lipatan berbentuk segitiga di bagian atasnya (persis seperti cara membuat pesawat the eagle). Lipat kembali bagian atasnya menuju ke bawah dan akan membentuk seperti segitiga yang terbalik.

Dilanjutkan melipat kedua sisi kertas sebagai sayap. Cobalah untuk menerbangkan pesawat sejenak. Kemudian amati apakah pergerakannya stabil atau tidak. Jika tidak kamu bisa menekuk kedua sisi sayapnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari gambar di bawah ini.

kerajinan pesawat kertas

pinterest.com

 

Cara Membuat Pesawat dari Kertas “Master Glider”

Sama halnya seperti high glider, pesawat kertas master glider juga memiliki kemampuan stabilitas yang sangat baik dan lama. Hal ini saat pesawat dari kertas tersebut mampu bertahan melawan angin kecil sekalipun sedang. Kerennya lagi, pesawat master glider juga masih terbang meskipun bagian sayapnya menyerempet sisi dinding atau pohon.

Tertarik untuk mencoba cara membuat pesawat dari kertas yang satu ini? Baiklah, mula-mula persiapkan kertas dengan ukuran 8×11 inci. Bisa juga dengan kertas lain asalkan bentuknya persegi panjang.

Selanjutnya, potong sebanyak 2 inci bagian bawahnya dengan gunting. Kedua sisi dilipat jadi dua bagian, kemudian buka lagi. Teruskan dengan melipat bagian atas kertas tadi hingga 1,5 inci dan lipat lagi setengahnya dengan mengarah ke bawah.

Buatlah sayap dengan cara melipat kedua sisi kertas, persis seperti cara membuat pesawat kertas The Eagle. Sayangnya, tidak ada lipatan yang berfungsi sebagai pengunci sayapnya. Untuk menyiasati hal tersebut, maka tempelkan selembar selotip antara kedua sayap pesawat tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah dalam gambar berikut:

pesawat master glider dari kertas

pinterest.com

Tentukan kemiringan sayap pesawat kertas hingga kurang lebih 12 derajat. Jangan lupa tambahkan lipatan kecil di tiap ujung sayapnya. Hal ini dilakukan agar pesawat kertas dapat bertambah stabil saat mengudara.

Apabila keseluruhan langkah-langkah diatas selesai, saatnya kamu menerbangkan pesawat kertas master glider tersebut. Berikan sedikit dorongan ke atas supaya pesawat master glider bisa mengudara dengan baik.

to be continue…

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.