Cara Membuat Perahu dari Kertas Buku Tulis

Posted on

Siapa sih yang belum tahu gimana cara membuat perahu dari kertas? Anyway, permainan seni melipat ini sebenarnya sudah melegenda di Indonesia. Bahkan cara membuatnya pun juga mudah.

Kita semua sepakat bahwa kertas merupakan media tulis yang mudah menyerap air. Di lain sisi ternyata kertas juga dapat diubah menjadi perahu yang bisa mengapung di atas air. Walau hanya mengapung sebentar, setidaknya itu sudah menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak di jaman dahulu sebelum mengenal gadget.

Nah, untuk kamu yang ingin bernostalgia membuat perahu dari kertas tapi lupa caranya. Mungkin kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

Tutorial Cara Membuat Perahu dari Kertas Buku Tulis

sisi berwarna
sisi polos tidak berwarna

Pertama-tama, siapkan kertas berbentuk persegi panjang, seperti kertas buku tulis, kertas A4 atau kertas sejenis lainnya. Kemudian lipatlah kertas secara horizontal itu menjadi dua bagian sama besar agar membentuk sebuah garis tengah

via patchofpuddles.co.uk

Kedua, sama seperti halnya cara yang pertama. Namun yang berbeda disini adalah secara vertikal bukan horizontal. Jika sudah maka lipatlah kertas secara diagonal tepat di kedua sisi bagian atas. Pastikan bagian bawah kertas memiliki dua lembar yang saling terpisah.

 

Cara Membuat Perahu dari Kertas
via patchofpuddles.co.uk
via patchofpuddles.co.uk

Ketiga, lipat bagian bawah menuju ke atas. Salah satu lembar bagian bawah masing-masing di lipat ke dalam di bagian ujungnya. Kemudian balik kertas origami dan ulangi lagi pada sisi berikutnya.

Keempat, tekan dua buah sudut kertas agar keduanya saling bertemu.

Lalu lipat bagian bawah kertas mengarah ke atas.

Begitu juga dengan sisi berikutnya

Selanjutnya tariklah bagian bawahnya menuju ke atas alias secara berlawanan.

Tutorial cara membuat perahu dari kertas

Taraa!! perahu dari kertas siap untuk berlayar

Semoga tutorial cara membuat perahu dari kertas ini dapat mengenang masa kecilmu kala itu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *