Cara Membuat Paper Bag Sendiri dari Kertas Kado

Posted on

Paper bag alias tas kertas, biasanya digunakan untuk membawa barang-barang ringan. Disamping itu paper bag juga bisa lho menjadi pengemas hadiah yang akan kita berikan kepada orang lain. Nah, dalam artikel berikut kami akan membahasa bagaimana cara membuat paper bag dari kertas kado. Mau tahu seperti apa? Simak penjelasannya dulu ya guys! huehehe.

Saat ini, paper bag telah menggantikan peran dari kantong plastik. Sebab dari segi penampilan, kemasan paper bag cenderung lebih bernilai dari pada kantong plastik. Bahkan pemilik brand pun bisa mempromosikan usahanya dengan mencetak logonya di bagian sisi luar paper bag.

Beragam varian paper bag dapat kita beli di beberapa toko pernak-pernik. Di sana kamu bisa menyesuaikan ukuran paper bag yang kamu inginkan, mulai dari ukuran kecil, sedang hingga besar. Bahannya pun juga macam-macam. Ada yang dari kertas biasa, kertas karton, kertas daur ulang sampai kertas kado.

Cara Membuat Paper Bag
Cara Membuat Paper Bag Sendiri dari Kertas Kado | via Youtube

Beraneka ragam motif dan gambar juga bisa kamu temukan di sana. Ada yang lucu dan ada yang unik. Masing-masing paper bag tentu saja memiliki harga tersendiri. Tergantung bahan, ukuran dan tujuan lokasi pengiriman pesanan.

Tanpa harus membeli, sebenarnya kamu juga bisa kok mempraktekkan cara membuat paper bag dari kertas kado. Tidak butuh banyak waktu dalam proses pembuatan kerajinan tangan ini.

Namun yang paling penting ialah buatlah paper bag itu sesuai dengan selera. Khususnya dari motif atau gambar. Selebihnya mungkin bisa juga dari bahan, ukuran atau pernak-pernak lainnya.

Alat dan Bahan Cara Membuat Paper Bag

  • Kertas kado (motif dan gambar sesuaikan dengan selera)
  • Gunting dan pelubang kertas
  • Penggaris
  • Bolpen
  • Lem kertas atau double tape

Cara Membuat Paper Bag Sendiri dari Kertas Kado

Kertas Kado
Cara Membuat Paper Bag Sendiri | via dwixbahasa.blogspot.co.id
Kerajinan Kertas Kado
dwixbahasa.blogspot.co.id

Bentangkan kertas kado, lalu lipat dan potong menjadi dua bagian. Usahakan simetris.

Rekatkan dengan lem kertas atau tempel dengan double tape, tepat di sisi samping bagian atas hingga bawah. Jika sudah menggunakan lem kertas maka tidak perlu dioleskan kembali pada sisi ujung berlawanan. Namun jika tidak menggunakannya, maka tempelkan double tape tepat di pemukaan yang ada doube tape.

Paper Bag Kertas Kado
dwixbahasa.blogspot.co.id
dwixbahasa.blogspot.co.id
Motif Batik Kertas
dwixbahasa.blogspot.co.id
Kerajinan Tangan Membuat Paper Bag dari Kertas Kado
dwixbahasa.blogspot.co.id

Alihkan sisi sambungan menuju sisi samping. Ini bertujuan agar sisi sambungan antara kertas tadi menjadi tersamarkan. Selanjutnya, lipan sisi bawah kertas dengan ukuran 1,5 kali ukuran tebal barang yang akan ditaruh di dalamnya.

 

Bikin Paper Bag Sendiri
dwixbahasa.blogspot.co.id

Lipat kedua bagian ujung yang sudah terlipat menjadi segitiga. Kemudian lipat sisi atas dan bawah melebihi dari separuh yang sebelumnya telah terlipat.

Buat Paper Bag
dwixbahasa.blogspot.co.id

Rekatkan sisi atas dan bawah lipatan. Perlu diingat, jangan sampai menempel ke sisi dalam kertas. Cukup rekatkan saja dengan sisi yang telah dilipat.

dwixbahasa.blogspot.co.id
Buat Tas Kertas
dwixbahasa.blogspot.co.id

 

Bikin Tas dari Kertas Kado
dwixbahasa.blogspot.co.id

Bagian atasnya juga dilipat, sama seperti langkah keempat dari cara membuat paper bag. Lalu gunting kedua ujung bagian yang terlipat tadi sesuai dengan panjang lipatannya. Guntinglah kertas kado sesuai dengan lebar dan tinggi bagian atas yang sudah dilipat.

Cara Membuat Paper Bag dari Kertas Kado | via dwixbahasa.blogspot.co.id

Gunakan pembolong kertas untuk memberi 4 lubang.pada paper bag Usahakan jaraknya sama dan sejajar. Jika sudah, maka rautkan tali ke sisi dalam kertas melalui bolongan tadi. Ikatlah tali secara rapi agar terkesan menarik.

Selesai! Yap, seperti itulah tutorial cara membuat paperbag. Gimana? Kamu bisa mempraktekkannya bukan? Oh iya, kamu juga bisa menambah karton di bagian bawah paper bag agar lebih kuat dalam menampung beban yang akan kamu bawa.

Caranya mudah, sediakan karton dengan ukuran lebar yang sama dengan alas. Kemudian tempel di sisi dalam paper bag. Mudah kan?

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *