Cara Membuat Mobil dari Kertas Origami

Posted on

Tutorial cara membuat mobil dari kertas origami sebenarnya sangatlah baik bagi anak Anda yang baru saja belajar seni melipat kertas. Disamping mudah, pembuatannya pun hanya membutuhkan selembar kertas. Bisa menggunakan kertas biasa atau kertas origami.

Kertas origami atau kertas lipat warna-warni biasanya sudah disediakan dalam bentuk persegi. Sementara kertas bahan lainnya harus dipotong terlebih dulu agar panjang ke empat sisinya sama.

Sementara peralatan lainnya seperti lem, spidol/ballpoint dan gunting/cutter juga turut disiapkan. Nah berikut beberapa tutorial cara membuat mobil dari kertas.

Cara Membuat Mobil dari Kertas Origami

Cara Membuat Mobil dari Kertas
bintangtop.com
  1. Mula-mula buatlah garis tengah pada kertas dengan melipatnya secara vertikal kemudian buka kembali.
  2. Kemudian lakukan hal yang sama seperti di atas. Bedanya hanya dilipat secara horizontal. Sehingga kertas terbagi menjadi 4 bagian.
  3. Dilanjutkan dengan melipat keluar keempat ujung kertas secara diagonal (sesuaikan dengan garis-garis putus pada gambar ilustrasi)
  4. Untuk membuat garis kepala mobil, buatlah lipatan 2 kali (sesuai gambar)
  5. Lipatlah bagian atas dan bawah dengan cara mempertemukannya atau melipatnya melalui garis tengah pada kertas. Jangan lupa untuk memotong bagian belakangnya agar terlihat layaknya bagian belakang mobil sedan.
  6. Bagian atas mobil (bagian depan) juga dipotong. Kemudian kertas diselipkan ke dalam, sesuaikan dengan garis putus-putus datar.
  7. Sebuah prototype mobil dari kertas pun nampak. Agar lebih jelas, tambahkan dua jendela dengan bentuk trapesium, tepat di bagian depan dan belakang.

Bagaimana? Tidak sulit bukan? Semoga cara membuat mobil dari kertas ini dapat menambah wawasanmu dalam seni melipat kertas. Selamat mencoba!

to be continue…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *