Cara Membuat Gelang dari Benang Wol yang Mudah dan Sederhana

Posted on

Gelang merupakan salah satu aksesoris kaum hawa yang bisa dibilang cukup mudah untuk dibuat. Tak lain, karena kerajinan tangan tersebut bisa dibuat dari beragam bahan dan cara. Baik itu dari bahan mahal (emas atau perak) sampai yang paling murah, seperti cara membuat gelang dari benang wol.

gelang dari benang wol
purlsoho.com

Seperti kita tahu bahwa benang wol tentu sangatlah mudah untuk didapat. Terlepas dari harganya yang mudah, benang wol juga memiliki tingkat keawetan yang lumayan kuat. Maka dari itu sah-sah saja jika benang wol tersebut sudah biasa digunakan dalam beragam kerajinan tangan apa pun.

Sekilas, gelang mungkin dinilai sebagai aksesoris biasa. Namun tidak di negara lain. Gelang justru menjadi saksi dalam momentum hari persahabatan di sana. Beberapa remaja saling tukar menukar gelang mereka untuk menunjukkan tanda persahabatan erat kepada temannya.

Bagi mereka, gelang bukan hanya sekedar tanda persahabatan, sekaligus juga mereprentasikan kepribadian melalui warna yang ada pada gelang. Mereka juga meyakini bahwa apabila gelang tersebut dipakai sampai benangnya hancur, maka persahabatan yang mereka rajut akan berlangsung lama atau abadi.

Cara Membuat Gelang dari Benang Wol

Berikut ketiga jenis gelang yang akan kita praktekkan dalam tutorial kali ini:

  • Cara membuat gelang dari benang wol dengan motif anyaman/menganyam
  • Cara membuat gelang dari benang wol bentuk hati atau love
  • Cara membuat gelang dari benang wol dengan kancing

Tidak perlu berlama-lama, yuk langsung menuju TKP!

Cara Membuat Gelang dari Benang Wol Dengan Menganyam

Cara membuat gelang dari benang wol dengan menganyam
indulgy.com

Tutorial gelang dengan cara menganyam sangatlah sederhana untuk dibuat. Di sini kamu harus dituntuk untuk memiliki skill menganyam secara benar dan rapi. Supaya lebih menarik, jangan lupa untuk menambahkan aksesoris berupa pernak-pernik agar gelang wol lebih mernarik.

Bahan dan peralatan:

  • Benang wol. Sediakan tiga variasi warna yang menunjukkan kepribadianmu.
  • Gunting
  • Tang
  • Aksesoris berupa manik-manik dan lain sebagainya

Langkah-langkah:

  1. Ambil tiga helai benang wol dengan warna yang sama. Sesuaikan panjang benang wol dengan lingkar pergelangan tangan kamu. Bisa juga dengan memotongnya secara langsung yakni sekitar 20 cm.
  2. Sebelum ketiga benang wol tersebut dikepang, pastikan ikan terlebih dahulu bagian ujung atasnya agar lebih memudahkan.
  3. Lakukan step kedua untuk dua warna lain yang sudah disediakan
  4. Jika sudah, maka gabungkan ketiga warna benang wol tadi menjadi satu buah gelang. Gunakan urutan warna sebagus mungkin supaya hasilnya lebih menarik.
  5. Berikan aksesoris pada gelang benang wol dengan menggunakan tang. Bisa berupa manik-manik atau apa pun.

Kamu juga bisa menyesuaikan lebar gelang dengan cara menambah atau mengurangi benang wol yang dipakai.

 

Cara Membuat Gelang dari Benang Wol Bentuk Hati/Love

Cara Membuat Gelang dari Benang Wol Bentuk Hati Love
honestlywtf.com

Bentuk love atau hati merupakan sebuah tanda yang berisi tentang ungkapan bahwa kita mencintai dan menyayangi seorang. Tak terkecuali dengan gelang dari benang wol.

Nah, disini kamu akan belajar bagaimana cara membuat gelang dari benang wol bentuk love atau hati. Gelang ini sangat cocok diberikan kepada orang-orang tercinta disekitarmu. Khususnya kepada pasangan.

Bahan dan peralatan:

  • Benang wol dengan dua warna berbeda (bisa disesuaikan)
  • Gunting
  • Pengait saat menganyam

Langkah-langkah:

Mula-mula dua helai benang wol digulung agar menjadi 4 bagian, kemudian potong lagi agar menjadi 8 helai bagian, masing-masing memiliki panjang sekitar 24 inci. Sisakan 3 inci untuk mengikat antara benang-benang wol dengan pengait.

honestlywtf.com

Pisahkan atau rapikan 2 jenis warna tadi secara berselingan, seperti gambar di bawah ini.

honestlywtf.com

Awali menganyam dengan memasukkan benang yang paling kiri (dari atas ke bawah) dengan benang wol sampingnya. Kemudian ikat dua kali agar lebih kuat dan tidak mudah lepas.

honestlywtf.com

Dilanjutkan dengan memasukkan benang ke empat dari sebelah kiri, masukkan benang tersebut ke benang kedua lalu ke benang ke tiga.

honestlywtf.com

Kemudian ikat kembali sisi paling kanan dari beberapa helaian tersebut menuju benang wol yang berada di sampingnya. Keseluruhan langkah-langkah membuat gelang dari benang wol kira-kira seperti gambar berikut.

honestlywtf.com
honestlywtf.com
honestlywtf.com
honestlywtf.com
honestlywtf.com
honestlywtf.com
honestlywtf.com
honestlywtf.com
honestlywtf.com

 

Cara Membuat Gelang dari Benang Wol Dengan Aksesoris Kancing

gelang kancing dari benang wol
designby.vitarlenology.net

Punya baju berkancing, tapi sering ngga kepake? Mending jadiin kerajinan tangan aja. Caranya, cukup ambil beberapa kancing yang ada di baju kamu untuk menjadi aksesoris gelang dari benang wol. Sebagai alternatif, kamu juga bisa memanfaatkan manik-manik yang mempunyai lubang di bagian tengahnya.

Nantinya lubang tersebut akan dimasukkan sehelai benang wol. Persis seperti pembuatan benang tasbih pada umumnya. Gimana? Udah penasaran kan? Yuk langsung dicoba!

Bahan dan peralatan:

  • Benang wol (sediakan satu warna saja sesuai selera)
  • Kancing baju bekas atau manik-manik
  • Gunting atau alat pemotomh lainnya

Langkah-langkah:

  1. Mula-mula sesuaikan ketebalan gelang dengan mengambil beberapa helai benang wol sesuai keinginan
  2. Sesuaikan pula diameter pergelangan tangan kamu sebelum memotong benang. Jika ingin coba lebih praktis, kamu bisa memotongnya menjadi sekitar 20 cm
  3. Semua benang lalu dikumpulkan menjadi satu lalu ikat bagian ujungnya secara simpul
  4. Pastikan pula bagian kancingny juga turut diikat simpul agar bisa terkunci dan tidak mudah lepas
  5. Ulangi langkah 1 sampai 5 hingga seluruh benang wol sudah diisi kancing baju bekas. Buatlah jarak antara satu kancing dengan kancing lainnya menjadi sama. Tidak terlalu jauh namun juga tidak terlalu dekat.
  6. Sentuhan akhir, ikatlah benang tersebut apabila sudah terisi penuh dengan kancing agar bisa menjadi gelang yang siap untuk dipakai.

Semoga cara membuat gelang dari benang wol dengan berbagai modifikasi aksesoris diatas dapat menginspirasi kreatifitas kamu dalam berkarya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Membuat Lampion dari Benang Wol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *