Cara Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel

Punya banyak kunci kadang bikin kita bingung gimana cara nyimpennya. Namun jika kamu sedikit lebih kreatif, sebenarnya kamu bisa kok mencoba cara membuat gantungan kunci dari kain flanel. Asal harus tahu dulu langkah-langkahnya.

Untungnya sekarang gantungan kunci sudah banyak dijajakan di beberapa toko aksesoris. Namun sayang, terkadang beberapa aksesoris tersebut terkadang belum menawarkan gantungan kunci yang desainnya sesuai dengan selera kita.

Tiap-tiap gantungan kunci dijual dengan harga yang berbeda. Misal tergantung dari segi bahan, apakah itu dari kain flanel atau kulit sintetis. Khusus untuk kulit asli pasti harganya jauh lebih mahal.

Memang benar jika aksesoris ini cukup memberikan perhatian banyak orang meskipun bentuknya yang mungil. Akan tetapi, gantungan kunci terkadang bisa merepresentasikan jati diri seseorang.

Baca juga : Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel | Paling Cepat dan Mudah

Contoh, jika ia adalah seorang Milanisti alias fans klub sepakbola A.C Milan, tentu saja desain gantungan kunci yang ia gunakan adalah logo A.C. Milan.

Nah, lain halnya jika kamu membuat gantungan kunci sendiri dari kain flanel. Ngga cuman hemat duit, tapi kreatifitas kamu juga makin ter-asah. Ditambah lagi bisa disesuaikan dengan keinginan diri sendiri.

Baiklah, kali ini bebasgaya akan membahas cara membuat gantungan kunci dari kain flanel paling mudah, khusus untuk mereka yang pemula.

Bahan

  • Kain flanel
  • Dacron
  • Kain perca dan manik-manik (opsional)
  • Gantungan kunci polos atau rantai kecil

Peralatan

  • Pensil
  • Lem tembak
  • Gunting/Cutter

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel Bentuk Love

Jika semua bahan dan peralatan di atas sudah disiapkan, maka saatnya kita beralih ke proses cara membuat gantungan kunci dari kain flanel secara step-by-step.

Gantungan Kunci dari Kain Flanel

bamabiamooz.com

Gunakan pensil untuk menggambar pola yang akan kamu buat di atas permukaan kain flanel. Cukup gambar secara tipis alias tidak usah terlalu ditekan. Sebagai area menjahit, berikan sedikit jarak bayangan sekitar 1 hingga 2 cm.

Jika pola telah jadi maka gunting kain flanel tadi sesuai dengan garis pensil. Lalu buat lagi pola dengan bentuk yang sama ke permukaan kain flanel lainnya. Maka sekarang kamu sudah memiliki dua bentuk kain flanel dengan pola yang sama.

Selanjutnya, gabungan kedua lembar kain flanel tadi dengan menjahit separuh bagian sisinya. Yakni sisi bawah dan samping. Kemudian bagian atasnya dibiarkan dalam keadaan terbuka.

bamabiamooz.com

Jika kamu sudah pernah menjahit menggunakan teknik jelujur, maka kamu hampir dipastikan kamu tidak akan menemui kendala dalam menjahit kain flanel yang akan dibuat.

Bagian sisi atas tadi dibiarkan terbuka supaya lembaran kain fanel tersebut bisa diisi dengan dacron. Sehingga lebih terkesan berisi dan rapi. Oh iya, usahakan kamu mengisi dacron ke dalam kain flanel dengan jumlah pas. Tidak terlalu kosong, namun juga tidak terlalu full.

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel

bamabiamooz.com

Apabila gabungan kedua flanel yang sudah dijahit tadi sudah terisi secara merata, mulailah untuk menjahit kembali. Pastinya di bagian sisi flanel yang masih terbuka supaya dacron di dalamnya tidak lagi keluar. Sehingga nampaklah sebuah kain flanel seperti bantal lucu berukuran mini.

Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan manik-manik tepat di permukaan kain flanel. Bisa juga dengan menggunakan kain perca untuk tambahan aksesoris lainnya.

Gantungan Kunci Bentuk Love

bamabiamooz.com

Satu hal yang terpenting dari gantungan kunci dari kain flanel adalah pasangkan alat penggantungnya. Jika hiasan dirasa telah sesuai dengan keinginan, maka pasangkan rantai dan gantungan tepat di bagian atas bantalan kain flanel.

Gunakan lem tembak atau lem kuat lainnya agar gantungan dapat merekat secara rapi. Selesai! Gantungan kunci dari kain flanel siap digunakan.

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel Bentuk Love

bamabiamooz.com

Bagaimana? Tidak sulit bukan mencoba cara membuat gantungan kunci dari kain flanel? Semoga tutorial kerajinan tangan ini dapat memperkaya pengalamanmu dalam berkreatifitas. Selamat mencoba!

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.