Cara Membuat Bros dari Kain Flanel Simple Bentuk Bunga

Posted on

Masih dalam tema kerajinan tangan, kali ini kita akan mencoba bagaimana cara membuat bros dari kain flanel. Sebagaimana kita tahu bahwa toko aksesoris (warna pink) yang ada di mal-mal biasanya menjajakan aneka bros menarik dengan harga berbeda-beda. Semakin rumit pembuatan bros tersebut, maka semakin mahal pula harganya.

Terlebih jika para kaum hawa sudah hobby mengkoleksi aksesoris, otomatis ia akan berusaha membeli bros kesukaannya meskipun diperoleh dengan harga mahal.

Namun, jika kamu sedikit kreatif, maka kamu sudah tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke toko aksesoris, alias bikin sendiri. Bahkan bisa jadi jika kamu sudah terampil membuat aksesoris dari kain flanel, tentunya akan menjadi peluang usaha mandiri untuk memperoleh keuntungan.

Banyak sekali cara yang bisa kamu praktekkan dalam cara membuat bros dari kain flanel. Mulai dari bros pita, bros mutiara hingga bros bunga mawar. Mau tahu bagaimana cara bikinnya? Yuk siapkan bahan dan peralatannya.

Bros Bunga
bisikan.com

Alat dan Bahan Membuat Bros dari Kain Flanel

  • Kain flanel (warna pink/merah muda)
  • Mutiara (warna hijau dan putih)
  • Lem tembak dan gunting
  • Penggaris dan jangka

Tutorial Cara Membuat Bros dari Kain Flanel

  1. Jika semua alat dan bahan telah siap, maka langkah awal yang harus kamu kerjakan yakni membuat pola
  2. Diawali dari kain flanel berwarna pink terlebih dulu. Caranya, gunakan penggaris dan jangka untuk membuat pola lingkaran berdiameter 4 cm sebanyak 6 rangkap. Sementara untuk pola lingkaran berdiameter 2 cm cukup satu rangkap saja.
  3. Apabila pola telah selesai digambar, kemudian guntinglah tiap pola dengan menyesuaikan garis yang sudah dibuat.
  4. Berikutnya, mulailah merangkai semua pola yang telah kamu gunting-gunting tadi. Yakni dengan cara menempatkan pola yang lebih kecil agar menjadi dasar guna menumpuk bunga akan akan dibuat.
  5. Dalam proses pembuatan bros bunga, ambillah bola berdiameter 4 cm. Lalu lipat jadi dua bagian. Kemudian lipat ke dalam dari sisi sebelah kanan, biarkan sisi sebelah kiri ke luar. Hingga bentuknya menjadi seperti huruf ‘S’
  6. Membuat Bros dari Kain Flanel
    Gambar via bisikan.com
  7. Berikan lem pada tatakan pola atau sisi dasarnya yang lebih kecil tadi dengan glue gun. Jangan lupa untuk merekatkan juga tiap bagian lipatan huruf ‘S’ tadi dengan lem bakar agar tidak goyang.
  8. Lakukan kembali dengan cara yang sama sampai semua pola terbentuk sempurna dan dapat direkatkan pada pola dasarnya.
  9. Cara Membuat Bros dari Kain Flanel
    Gambar via bisikan.com
  10. Agar lebih menarik dan mewah, kau bisa menambahkannya dengan beberapa mutiara warna-warni di bagian atasnya. Caranya, cukup tempelkan dengan lem tembak.
  11. Sentuhan terakhir. Agar bisa menempel di kain, pasangkan juga peniti bros di sisi belakang. Caranya, gunakan lem tembak secara perlahan dan hati-hati.

Semoga tutorial cara membuat bros dari kain flanel di atas dapat mengasah kreatifitasmu dalam membuat aneka kerajinan tangan lainnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *