Cara Membuat Anyaman dari Kertas

Posted on

Sebagaimana kita tahu, bahwa anyaman dari kertas adalah satu dari banyaknya kerajinan seni kriya tradisional khas Indonesia. Cara membuat anyaman dari kertas sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan pembuatannya pun ada yang masih dilakukan secara manual, tanpa alat dan mesin.

Jika kamu sudah mahir dalam cara membuat anyaman dari kertas, bukan tidak mungkin kamu akan membuat beragam kerajinan tangan sendiri alias handmade craft. Misal seperti kerajinan anyaman pada tas, tempat makanan dan hiasan lainnya.

Cara Membuat Anyaman dari Kertas
tucasabonita.es

Beragam bahan dan pola yang digunakan dapat menyesuaikan jenis anyaman itu sendiri. Contoh bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat anyaman diantaranya yaitu bambu, kertas, daun dan plastik.

Di sisi lain, bahan-bahan alami di sekitar kita juga tak kalah lentur tapi kuat. Misal, eceng gondok, akar, pelepah daun pisang, rotan, serabut kelapa dan lain sebagainya.

Dalam menerapkan motif anyaman, kita bisa meniru contoh-contoh yang bisa kita lihat gambarnya di Internet. Seperti motif mata itik, kepang, mata walik, pasung dan lain sebagainya.

Seni kerajinan membuat anyaman dari kertas sejatinya tergolong dalam seni rupa terapan dua atau tiga dimensi. Mengapa tergolong ke dalam dua dimensi? Karena anyaman berbentuk lembaran mendatar. Namun, anyaman juga disebut tiga dimensi karena seni kerajinan anyaman memiliki tiga ukuran, yakni panjang, lebar dan volume.

Alat dan Bahan Cara Membuat Anyaman dari Kertas

Baiklah daripada berbasa-basi tanpa praktek, yuk siapkan bahan dan peralatanmu terlebih dahulu seperti di bawah ini:

  • Gunting
  • Lem Kertas
  • Penggaris
  • Pensil
  • Silet
  • Dua lembar kertas manila atau asturo (sesuaikan warna dengan selera)

Cara Membuat Anyaman dari Kertas

  1. Apabila semua peralatan dan bahan sudah siap, kini saatnya memasuki proses cara membuat anyaman dari kertas. Ikuti langkah-langkah berikut agar hasil anyaman terlihat rapi dan menarik untuk dilihat.
  2. Mulailah dengan membuat pola pada kertas. Caranya, gunakan pensil dan penggaris untuk membuat garis dengan jarak 1 sampai 1,5 cm. Di bagian sisi tepi kertas sisakan jarak 2 cm saja.
  3. Jika sudah, maka potonglah kertas dengan silet atau cutter sesuai dengan garis (pola) yang sudah dibuat tadi.
  4. Ambil kertas kedua, dengan warna yang berbeda. Lalu gunting memanjang dengan lebar 1 cm. Usahakan jarak antara kertas pertama dan kedua sama.
  5. Jika pola dibuat, maka mulailah menganyam mengggunakan motif anyaman sesuai selera. Khusus untuk pemula, kamu bisa coba membuat anyaman kertas sederhana saja agar tidak terlalu sulit. Lain halnya kalau sudah mahir, maka kamu bisa menerapkan motif anyaman dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari sebelumnya.
  6. Rapikan ujung-ujung kertas apabila anyaman telah selesai dikerjakan supaya enak dilihat.
  7. Sentuhan terakhir, olesi lem kertas di tiap tepinya lalu rekatkan. Ini bertujuan agar anyaman semakin kuat dan sulit dilepas.

Jika masih belum paham, kamu bisa mengintip video cara membuat anyaman dari kertas berikut ini.

 

Motif Anyaman Kertas

Motif Anyaman Sederhana | via wikihow.com

 

Cara Membuat Anyaman
Motif Anyaman Mata Itik | danang3e.blogspot.co.id

 

Tutorial Menganyam
Motif Anyaman Mata Kawung | via woelandarihanafi.blogspot.co.id

Selamat mencoba! semoga tutorial cara membuat anyaman dari kertas ini dapat menambah wawasan sekaligus kreatifitas kamu dalam berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *