Inilah 6 Cara Memandikan Kelinci yang baik dan Benar

Cara Memandikan Kelinci Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kelinci, adalah cara memandikan kelinci yang benar. Kelinci kendati tampak bersih, namun sekali-kali pasti mereka pun bermain-main di atas kotorannya.

Hal itu pasti lah akan mengakibatkan kelinci anda kotor dan bau. Kelinci umumnya mampu memandikan dirinya sendiri dengan cara menjilat-jilat bulunya sama seperti kucing.

Namun jika kelinci benar-benar kotor, anda mesti menyediakan waktu guna memandikannya. Lalu bagaimana cara memandikan kelinci yang benar?.

Berikut hal-hal yang harus anda cermati dalam memandikan kelinci kelinci anda. Perlu diingat bahwa cara memandikan kelinci sedikit berbeda dengan memandikan kucing :

1. Sediakan air hangat dalam ember, kurang lebih setinggi 2,5 cm dari dasar ember. Air untuk memandikan kelinci jangan kelewat panas sebab dapat membahayakan kelinci. Anda tidak boleh meninggalkan kelinci sendiri dalam ember sebab boleh jadi kelinci akan meloncat dan mengakibatkan dia terluka.

2. Upayakan ada yang membantu kala memandikan kelinci. Bila anda yang memegang si kelinci maka teman anda yang memandikan kelinci dengan memakai sikat yang halus.

3. Jangan memakai sabun sebab dikhawatirkan jika sabun yang digunakan tidak dibilas sampai bersih maka akibatnya malah bisa tertelan oleh sang kelinci kesayangan anda ketika dia menjilati bulunya.

4. Bila telah selesai disikat, angkat kelinci secara hati-hati dari dalam ember. Ketika mengangkatnya, Anda dapat memegang pada tengkuk kelinci. Upayakan jangan terlalu kuat memegangnya. Mintalah teman anda tadi untuk memegang kaki belakang kelinci, supaya ia tak menendang-nendangkan kakinya dengan kuat.

5. Keringkan tubuh kelinci menggunakan handuk dan selimuti badannya menggunakan handuk supaya tak kedinginan. Anda boleh menepuk-nepuk badannya perlahan saja hingga seluruh bulunya kering. Hal ini normalnya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Anda pun boleh mengeringkan badan kelinci kesayangan anda memakai hair drier. Set temperatur panasnya sehingga tak akan menyakiti sang kelinci. Dalam pemakaian hair drier ini, anda mesti mencermati kelinci anda, sebab umumnya kelinci takut pada suara berisik. Bila terlihat kelinci tak tenang maka sebaiknya pemakaian hair drier harus anda hentikan.

6. Tahapan cara memandikan kelinci terakhir adalah menyisir dan menyikat bulu kelinci supaya bulu pada badannya menjadi lurus dan mengembang.

Leave a Comment