Inilah 6 Cara Melatih Kucing Persia Agar Jinak, Nurut dan Pintar

Cara Melatih Kucing Persia Kucing memang biasa dikenal sebagai salah satu binatang yang cukup jinak dan bersahabat dengan manusia. Salah satu jenis kucing yang cukup banyak dipelihara karena perawakannya yang imut adalah kucing Persia.

Selain imut dan lucu, alasan lain yang menyebabkan kucing persia banyak dipelihara adalah jenis kucing ini dapat dilatih untuk melakukan beberapa hal tertentu seperti makan, minum, dan buang air di tempat yang telah disediakan. Sebenarnya cara melatih kucing Persia cukup mudah asal kita tahu tekniknya.

Berikut adalah cara yang dapat anda gunakan untuk menjadikan kucing Persia anda jinak dan penurut :

1. Makan yang teratur

Beri makan tepat waktu dan jangan sampai terjadi kucing Persia kelaparan. Anda boleh memberinya makan 3 kali sehari. Pemberian makan secara teratur ini bertujuan membiasakan kucing agar lebih bergantung kepada pemiliknya.

Kucing yang biasa diberi makan secara teratur, relatif lebih patuh dan tidak akan mencuri makanan. Biarpun terlambat diberi makan, kucing Persia Anda tidak akan mencuri makanan dan akan menantikan pemiliknya untuk memberi makanan.

2. Minum yang teratur

Umumnya, kucing akan minum segera setelah makan. Maka, siapkan minum pada wadah tersendiri, dengan begitu sesudah makan, kucing Persia anda akan menuju wadah itu untuk minum

3. Tempat buang kotoran

Kucing adalah binatang yang suka kebersihan dan tidak suka membuang kotorannya di sembarang tempat. Akan tetapi bila situasinya tak memungkinkan, kucing juga dapat membuang kotorannya dimanapun.

Karenanya, siapkan tempat khusus supaya kucing terbiasa membuang kotoran pada tempat yang disediakan. Cara melatih kucing Persia untuk buang kotoran di tempat khusus ini adalah dengan mengantarkan si kucing ke tempat yang telah disediakan itu.

Bila masih tak mau, ambil sebagian kotorannya dan tempatkan dalam wadah itu sehingga ia tahu bahwa di tempat itulah dia seharunya buang kotoran.

4. Melatih bermain dan bercanda

Kadang-kadang binatang pun memerlukan kondisi riang dan tak hanya makan dan tidur. Ajaklah kucing Persia anda bermain-main contohnya lewat melemparkan bola kecil supaya dapat dibuat permainan bagi kucing. Cara ini selain lebih mendekatkan kucing pada pemiliknya, juga akan menghindarkan kucing dari stress.

5. Kenalkan pada lingkungan sekitar

Latih kucing mengenali sekelilingnya supaya tak takut dan menjadi stres. Contohnya saja mengenalkan suara alat penghisap debu, mesin cuci, suara pintu dibuka, tamu dan lainnya. Dengan mengenalkan pada lingkungan sekitarnya, kucing akan mampu beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya

6. Perlakukan dengan lembut.

Cara melatih kucing Persia yang terakhir ialah memperlakukannya dengan penuh kasih sayang. Kucing mempunyai naluri liar termasuk kucing Persia.

Naluri liar ini akan berkurang jika dia merasa diperlakukan dengan baik dan menurut pada pemiliknya. Kalau ada tingkah lakunya yang keliru ada baiknya anda jangan memukulnya, cukup berikan isyarat bahwa hal tersebut tak boleh.

Leave a Comment