[Khusus Jomblo] Cara Jitu dan Doa Mendapatkan Jodoh Soleh/Solehah Menurut Islam

Posted on

Cara Mendapatkan Jodoh Menurut Islam Ada istilah dalam majelis ilmu “Boleh Pacaran Asal Sudah Suami Istri ya". Ya, statement ini ditujukan kepada seorang yang masih berstatus jomblo alias bujangan.

Banyak cara yang dilakukan oleh seorang jomblo untuk mendapatkan jodoh. Ada yang pacaran sampai 2,3,4 ataupun bertahun-tahun, namun apa? Kandas ditengah jalan. Bahkan ada yang melamar dengan cara baik-baik, tapi ditolak. (Sedih juga yaa . . ).

Hai akhi dan ukhti, segala cara akan setan lakukan untuk menjauhkanmu dari mengingat Allah, jika dalam pencarian jodoh tidak sesuai dengan cara yang syar’i. Setan akan berupaya agar kamu terjerumus ke dalam lembah kemaksiatan dan akhirnya engkau menyesal.

Tidakkah kamu tahu bahwa jodoh itu adalah rahasia Allah. Dan Dia telah menetapkannya lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.

Baca Juga:

Simak dan hayati hadist riwayat Muslim berikut ini:

Allah sudah mencatat takdir setiap makhluk cipta-Nya lima puluh ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit, bumi beserta isinya.

Makna takdir diatas bisa berhubungan dengan rezeki, usia dan jodoh. Jadi bisa diartikan bahwa jodoh setiap makhluk ciptaan Allah (baca: manusia) tidak akan tertukar dengan orang lain.

Jadi pertanyaannya, mengapa engkau risau dan gelisah bahkan galau terhadap jodoh? Bersabarlah ya akhi . . .

Ayat Alquran Tentang Jodoh atau Pasangan Hidup

Ada banyak surat dan ayat dalam Alquran yang menerangkan tentang jodoh atau pasangan hidup, diantaranya Surat Faatir ayat 11, Surat Adz Dzariyat ayat 49 dan Surat An Naba’ ayat 8.

#Surat Faatir ayat 11

وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ أَزْوَاجًا وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنْثَى وَلا تَضَعُ إِلا بِعِلْمِهِ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُعَمَّرٍ وَلا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهِ إِلا فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.

#Surat Adz Dzariyat ayat 49

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.

#Surat An Naba’ ayat 8

وَخَلَقْنَاكُمْ أَزْوَاجًا

Artinya: “dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan.

Cara Mendapatkan Jodoh yang Soleh atau Solehah

Bersabarlah yaa ukhti . . . InsyaAllah, jika engkau ikuti tips dibawah ini, akan engkau dapati pasangan yang baik lagi cakap dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

1. Jadilah Pribadi yang Soleh/Solehah

cara mendapatkan jodoh menurut islam
republika.co.id

Allah subhanahu wata’ala berfirman yang artinya:

Wanita yang keji untuk lelaki yang keji, lelaki yang keji untuk wanita yang keji. Dan wanita yang baik untuk lelaki baik, wanita yang baik untuk lelaki yang baik (pula). Mereka yang dituduh itu bersih daripada apa yang dituduhkan oleh mereka yang menuduh itu. Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).” (Q.S. An-Nuur: 26)

Setelah Anda baca firman Allah ta’ala diatas bagaimana tanggapanmu? Tentu sudah jelas bukan?

Baca Juga: Santri Putri Adalah Calon Istri Idaman, Inilah 10 Alasannya!

Apabila menginginkan jodoh atau pasangan yang baik, maka resepnya sangat sederhana yaitu jadilah pribadi yang soleh/solehah dulu.

InsyaAllah, pasangan yang engkau inginkan akan menghampirimu dari arah yang tidak diduga. Dan yakinlah Allah tidak akan mengingkari janji-Nya. (Semangat kakak . . . . )

2. Berdoa, Berikhtiar, Reralistis

mendapatkan jodoh soleh dan solehah
satujam.com

Bisa jadi muncul dalam benak Anda. Kenapa Ya Allah doa yang saya pinta belum dikabulkan?

Ya, Akhi . . .
Ya, Ukhti . . .

Sudahkah Anda berkaca? Tidakkah Anda berpikir, salah satu doa belum terkabul bisa disebakan karena Anda tidak bersungguh-sungguh dalam mengamalkannya.

Anda tidak bersungguh-sungguh menjadi pribadi yang baik. Ikhtiar dan besikap realistislah dalam berdoa. Dan berdoalah kepada Allah diwaktu-waktu mustajab.

Seperti antara adzan dan iqomah, hariu Jum’at selepas shalat ashar hingga maghrib, saat sujud terakhir shalat atau pada saat menjelang berbuka puasa.

3. Duduklah Dengan Orang-orang Soleh/Solehah

mendapatkan jodoh soleh dan solehah
Wikipedia.org

Tips yang ketiga ini merupakan perkara penting. Karena apabila Anda ingin menjadi pribadi yang soleh/soleh dan agr iman Anda tetap stabil, maka bermajelislah dengan orang-orang soleh/soleh.

Tegur sapalah mereka. Tapi perlu diingat berbaulah dengan yang sejenis. Laki-laki dengan laki-laki dan perempuan dengan perempuan. Jangan sampai ada ikhtilat, yakni campur baur antara laki-laki dengan perempuan.

Berinteraksilah dengan mereka, karena dengan begitu hati Anda akan menjadi tentram, iman Anda akan naik dan Anda akan mendapatkan kebaikan dan keberkahan.

Namun, jangan bergaul dengan mereka, hanya semata-mata Anda ingin kebelet nikah. Ini namanya cari kesempatan dalam kesempitan. (Hehehe . . . :D)

Baca Juga:

Doa Didekatkan Jodoh

Dalam masalah jodoh, tidak hanya melakukan ikhtiar/usaha saja tapi juga harus dibarengi dengan berdoa. Berikut contoh doa didekatkan/mendapatkan/cepat dapat jodoh.

#Doa Didekatkan Jodoh untuk Laki-laki

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

#Doa Didekatkan Jodoh untuk Wanita

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya : Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat.

Baca Juga: Satu-satunya Bukti Cinta Adalah Pernikahan, Bukan Pacaran Apalagi Coklat!

Anda bisa juga bisa mengamalkan doa berikut ini,

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw, waj’alna lil muttaqiena imaamaa

Artinya : “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh (isteri-isteri) kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa.” (QS Al-Furqaan 74)

Demikianlah tips dari Kami, semoga dengan tips yang sedikit ini Anda bisa mengamalkannya dan terpenting Anda mendapatkan pasangan yang ideal. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *