buah terbesar di dunia
wowamazing.com

9 Buah Terbesar di Dunia Ini Bakal Bikin Melongo, Yakin Bisa menghabiskannya?

Posted on

Buah Terbesar di Dunia – Di dunia ini terdapat banyak sekali fenomena yang aneh dan tidak terduga, entah karena faktor alam atau ulah manusia.

Salah satunya adalah fenomena adanya buah terbesar di bawah ini. Daftar buah dibawah ini dianggap terbesar di dunia karena memang memiliki bentuk dan bobot yang jauh lebih besar dibanding jenis buah pada umumnya. Berikut 10 daftar buah terbesar di dunia yang diambil dari berbagai sumber.

1. Buah Jeruk Terbesar di Dunia

buah jeruk terbesar di dunia
inventorspot.com

Seorang peneliti dari Institut Pertanian Taiwan yang bernama Huang Ah-Hsien berhasil menciptakan 170 jenis baru dari buah jeruk, dan rata-rata beratnya mencapai 0,6 kg.

Eli’s Orange World yang merupakan sebuah toko jeruk di Florida menyebut jenis jeruk tersebut sebagai buah jeruk terbesar di dunia.

2. Buah Anggur Terbesar di Dunia

buah anggur terbesar di dunia
nextshark.com

Japan’s Ruby Roman Grapes merupakan jenis anggur terbesar di dunia, baik dalam segi ukuran maupun harganya.

Bahkan pada tahun 2009 lalu, seorang manager hotel di Jepang rela mengocek isi kantongnya sebesar $910 untuk 1,5 pound atau sekitar 700 gram anggur ini. Anggur Roma Ruby ini dihargai sekitar $26 per anggur.

3. Buah Apel Terbesar di Dunia

buah apel terbesar di dunia
pinterest.com

Hokuto apel merupakan jenis apel yang berasal dari Negara Jepang. Apel ini adalah varietas dari Fuji dan Mutsu. Apel ini juga dikenal karena ukurannya yang besar dibandingkan dengan jenis apel pada umumnya, sehingga tidak mengherankan jika varietas apel ini masuk dalam Guiness World Record sebagai jenis apel terbesar dan terberat di dunia.

Pada tanggal 24 oktober 2005, Chisato Iwaki yang merupakan seorang petani apel dari kota Hirosaki menemukan apel yang mempunyai berat sekitar 1849 gram.

4. Buah Pisang Terbesar di Dunia

buah pisang terbesar di dunia
www.new0.net

The Rhino Horn Plantain atau orang Indonesia biasa menyebutnya pisang tanduk merupakan jenis pisang hibrida yang berasal dari Afrika.

Jenis pisang ini bisa menghasilkan buah pisang yang panjangnya mencapai 60 cm, meskipun panjang umumnya antara 12-14 inci atau sekitar 32 cm. Oleh karena itulah, pisang ini disebut-sebut sebagai jenis pisang terbesar di dunia.

5. Buah Strawberry Terbesar di Dunia

buah stroberi terbesar di dunia
wowamazing.com

Koji Nakao yang merupakan seorang petani asal Fukuoka, Jepang  membuat sebuah penemuan mengejutkan yang tercatat di Guinness World Records.

Penemuan mengesankan tersebut telah memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang selama 32 tahun oleh stroberi dari Inggris.

Nakao menghubungi Guinness World Records tak lama setelah menemukan sebuah stroberi yang luar biasa besar di antara panennya.

Berat dari stroberi nya sekitar 250 gram (8.82 oz) yang berukuran sekitar 8 cm dan 12 cm. Stroberi tersebut mempunyai keliling sekitar 25 sampai 30 cm.

6. Buah Nanas Terbesar di Dunia

buah nanas terbesar di dunia
www.whatsonchengdu.com

Di kota Palmerston, Australia terdapat buah nanas terbesar di dunia yang mempunyai berat mencapai 8,2 kg dengan panjang sekitar 32 cm. Nanas super besar ini ditanam oleh seseorang yang bernama Christine McCallum.

7. Buah Semangka Terbesar di Dunia

buah semangka terbesar di dunia
www.dailymail.co.uk

Semangka yang berasal dari Sevier Country, Tennesse ini menjadi juara dalam sebuah lomba. Hal ini karena berat dari semangka ini mencapai 291 pound, dan menjadikannya semangka terbesar di dunia.

8. Tomat Terbesar di Dunia

buah tomat terbesar di dunia
www.nepalikisan.com

Simon Crawford yang merupakan seorang ahli botani asal Inggris telah berhasil mengembangkan varietas dari tomat.

Tomat yang dihasilkan beratnya bisa mencapai 1,3 kg dengan diameter sekitar 25 cm atau sekitar 12 X lebih besar dari jenis tomat biasanya. Tomat yang ia kembangkan diberi nama tomat Gigantomo. Dalam satu pohon terdapat rata-rata 11 buah tomat gigantomo.

9. Labu Terbesar di Dunia

buah labu terbesar didunia
www.dailymail.co.uk

Ian dan Stuart Parton yang merupakan saudara kembar asal Inggris berhasil membudidayakan labu yang dianggap sebagai labu terbesar di dunia.

Bukan tanpa sebab, labu yang mereka budidayakan bobotnya bisa mencapai 1,6 ton atau sekitar 160 kali lebih besar dari labu pada umumnya.

Demikian beberapa buah terbesar yang ada di dunia saat ini, namun tidak menutup kemungkinan akan banyak buah-buah terbesar di dunia yang lainnya mengingat semakin berkembangnya ilmu pengetahuan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *