Inilah 5 Anggota Nazi Berpangkat Tinggi yang Lolos Setelah Perang Dunia Kedua, Benarkah?

Posted on

Anggota Nazi Berpangkat Tinggi yang Lolos Setelah Perang Dunia Kedua Keadilan tidak berlaku pasca Perang Dunia Kedua untuk beberapa petinggi Nazi ini.

Mereka berhasil meloloskan diri dan menghindar dari hukuman, atau paling tidak mereka bisa lolos untuk waktu yang cukup lama. Berikut nama-nama anggota Nazi yang lolos dari hukuman pada perang dunia kedua, simak artikelnya di berita unik berikut ini. .

1. Adolf Eichmann

Beberapa mengenalnya sebagai “Arsitek Holocaust." Adolf Eichmann bertugas mengatur logistik dan juga memfasilitasi deportasi massal terhadap kaum Yahudi ke perkampungan sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam kamp pemusnahan.

Eichmann menggunakan nama samaran untuk kabur ke Jerman saat Perang Dunia Kedua berakhir dan akhirnya menetap di Argentina, hingga akhirnya pada tahun 1960 persembunyiannya diketahui.

Dia ditangkap dan diekstradisi ke Israel, di mana dia akhirnya diberikan hukuman mati pada tahun 1962 atas semua kejahatan perang yang dilakukannya.

2. Franz Stangl

Franz Stangl merupakan Komandan SS dari kamp pemusnahan Sobibor dan juga Treblinka. Franz Stangl kabur dari penjara pada tahun 1948 dan terbang ke Italia di mana dia ditolong oleh temannya Alois Hudal yang merupakan Uskup Katolik Roma dan juga simpatisan Nazi untuk kabur melalui “jalan tikus" untuk mencapai Siria dengan menggunakan paspor khusus Red Cross.

Franz Stangl tinggal di sana selama tiga tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk menetap di Brasil. Pada tahun 1967, Franz Stangl akhirnya bisa ditangkap dan dihukum seumur hidup di dalam penjara karena telah terbukti melakukan pembunuhan terhadap lebih dari 900.000 orang. Sayangnya, Franz Stangl meninggal setelah 6 bulan merasakan berada di dalam penjara karena serangan jantung.

3. Josef Mengele

Josef Mengele terkenal dengan nama “Malaikat Kematian" karena eksperimen mengerikan yang dia lakukan terhadap para tawanan Nazi saat itu, termasuk juga anak-anak.

Josef Mengele merupakan Perwira SS Nazi dan juga dokter di Auschwitz. Sayangnya, dokter sadis yang senang menyiksa para korbannya ini tidak pernah disidangkan atas semua kasus kemanusiaan yang pernah dilakukannya.

Josef Mengele kabur ke Jerman pada tahun 1949 hingga akhirnya menetap di Brasil. Dia berhasil menghindar dari para pemburu Nazi saat itu hingga tahun 1979 ketika dia mengalami setruk ketika sedang berenang di pantai Brasil dan akhirnya tenggelam.

4. Gustav Wagner

Menjadi salah satu perwira yang paling brutal selama masa Holocaust, Gustav Wagner terkenal dengan nama “Beast" atau juga “Wolf" selama masa jabatannya sebagai wakil komandan di kamp pemusnahan Sobibor.

Setelah perang, dia kabur ke Jerman bersama dengan Franz Stangl hingga akhirnya menetap di Brasil. Gustav Wagner tinggal di Brasil selama tiga dekade dengan nama samaran hingga akhirnya pada tahun 1978 dia berhasil ditangkap.

Sayangnya, Brasil menolak untuk melakukan ekstradisi terhadap Gustav Wagner hingga akhirnya dia melakukan bunuh diri pada tahun 1980 tanpa ada perasaan bersalah terhadap semua yang telah dia lakukan sebelumnya.

5. Alois Brunner

Sebagai asisten utama Adolf Eichmann, Alois Brunner bertanggung jawab terhadap pengiriman lebih dari 140.000 kaum Yahudi ke dalam tabung gas. Karena adanya kesalahan identitas, Brunner berhasil bersembunyi di kamp tawanan sekutu saat itu.

Pada tahun 1954, dia akhirnya kabur ke Jerman dan menetap di Siria sebagai penasihat pemerintahan. Brunner saat itu dilindungi oleh Siria dan bahkan berhasil lolos dari beberapa serangan yang dilakukan oleh “Mossad", unit tentara rahasia Israel. Walau begitu, Brunner akhirnya meninggal pada tahun 2010 di usia yang mencapai 98 tahun.

Dari nama-nama petinggi Nazi diatas, manakah yang menurut kalian yang paling kejam, silahkan berikan komentarnya untuk postingan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *