Aneka Kerajinan dari Kain Perca Paling Mudah Dibuat

Berbicara tentang kerajinan tangan, tentu salah satu kerajinan yang akan kita ingat adalah kerajinan dari kain perca. Kerajinan ini merupakan kerajinan dalam bidang jahit menjahit. Kerajinan dengan kain perca ini menggunakan bahan limbah untuk digunakan dalam membuat karya kerajinan yang punya nilai seni yang tinggi. Cara untuk membuat kerajinan kain perca ini adalah memotong kain sisa menjadi beberapa bentuk, barulah digabung potongan kain dan menjahitnya lagi.

Perpaduan dari pola kain dan juga warna harus menjadi perhatian sehingga terciptalah nanti kerajinan kain perca yang menarik dan indah.  Kerajinan kain perca menjadi salah satu kerajinan yang punya banyak peminatnya . Tidak hanya di Indonesia, kerajinan ini juga diminati di seluruh dunia. Kerajinan ini awalnya adalah kerajinan tradisional namun kini kerajinan ini menjadi trend baru dalam dunia kerajinan tangan.

Baca juga : 7+ Kerajinan dari Kain Flanel Paling Mudah Dibuat

Kerajinan dari kain perca diberikan sentuhan kontemporer sehingga tercipta kreasi baru yang semakin menarik dan modern. Apalagi sekarang ini kita bisa menemukan berbagai jenis kerajinan kain dengan kreasi dan pola yang punya nilai tinggi. Kreasi ini sering dijadikan untuk taplak meja, baju, bed cover, sajadah dan masih banyak lagi yang lain.

Kerajinan perca adalah perpaduan seni dari yang tradisional dengan kontemporer. Kerajinan ini adalah gabungan dari dua kain yang tengahnya diisi bahan batting yang terbuat dari silicon.  Mengenal sejarah dari kerajinan perca, kerajinan ini termasuk kerajinan paling tua.

Untuk teknik menggabungnya adalah beberapa macam potongan kain digabung sehingga membentuk motik yang unik. Meskipunsudah ada sejak lama, karena kerajinan kain perca ini punya teknik yang terus berkembang, membuat kerajinan ini menjadi salah satu kerajinan yang punya peminat sangat banyak.

Bahkan tak jarang kerajinan ini juga dijadikan untuk membuat beberapa keperluan rumah tangga. Tidak hanya itu, motif dari kerajinan perca juga semakin beragam dan kini kesenian dari kain perca ini juga menjadi modern mengikuti perkembangan zaman.

Kerajinan dari kain perca tidak hanya diminati masyarakat Indonesia, tapi seiring berjalannya waktu, kerajinan perca sudah tersebar hingga berbagai penjudi dunia. Tujuan dari pembuatan kain perca sendiri adalah untuk membuat kain yang memiliki nilai seni tinggi.

Sekarang, membuat kain perca pun tidak hanya bertujuan untuk memanfaatkan limbah dari kain yang dibuang saja tetapi kerajinan ini juga sudah memiliki nilai keindahan sehingga siapapun akan merasa tertarik untuk menggunakannya.

Sebagai salah satu kerajinan yang berasal dari Indonesia, kerajinan dari kain perca ini terus mengalami peningkatan akan kualitas dan kreatifitasnya yang membuat kerajinan ini semakin populer. Bahkan kini sudah ada banyak orang yang ingin mempelajari seni ini untuk bisa menciptakan kerajinan perca yang punya nilai seni yang tinggi.

Barang-barang yang dibalut kerajinan perca juga semakin beragam dan bahkan nilai jualnya pun cukup tinggi. Peminat dari kerajinan kain perca ini adalah mulai dari remaja putri hingga ibu rumah tangga. Sekarang sudah ada banyak sekali orang-orang yang mengerjakan kerajinan kain perca kemudian menjualnya.

Tak sedikit dari orang-orang yang membuat kerajinan kain perca ini menjadi sukses karena telah menciptakan kerajinan dengan kualitas yang baik dan bernilai seni yang tinggi sehingga bisa menembus pasar internasional.

Untuk kamu yang ingin mencari peluang usaha yang menjanjikan, kerajinan ini bisa kamu pilih apalagi kamu memang suka dan punya minat di dunia jahit menjahit. Semoga bermanfaat.

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.