Mengenal Olahraga Panahan Beserta Aksesoris Perlengkapan Tambahan Memanah

Aksesoris Perlengkapan Tambahan Memanah Panahan adalah salah satu olahraga yang paling tua di dunia. Jika dilihat dari perkembangannya, fungsi panahan berubah menyesuaikan zamannya. Yang awalnya panahan dilakukan sebagai alat untuk bertahan hidup (berburu), lalu sebagai alat perang dan hingga saat ini dijadikan sebagai olahraga.

Panahan pernah digunakan hampir di seluruh belahan dunia, bahkan ada beberapa peristiwa dimana panahan sudah menrubah sejarah dunia. Panahan termasuk olahraga istimewa, karena tidak semua olahraga mempunyai sejarah yang begitu panjang dan bervariasi seperti panahan ini.

Sejarah telah mengungkapkan bahwa panahan sudah dipraktekkan sebagai alat untuk berburu sejak 50.000 tahun SM. Hal ini terbukti dengan ditemukannya batu yang memiliki bentuk seperti mata panah di daerah Afrika.

Akan tetapi menurut catatan sejarah yang lain, yang mengembangkan panahan pertama kali adalah orang-orang Mesir kuno. Mereka menggunakannya sebagai alat untuk berburu dan juga untuk senjata perang pada 7.500 SM. Alat panahan yang mereka gunakan berukuran cukup besar dan perlu dua orang untuk menggunakannya.

Panahan merupakan olahraga yang menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Dalam olahraga ini dibutuhkan sentuhan jiwa yang halus, konsentrasi, keuletan, ketahanan mental yang tinggi, kesabaran dan juga membutuhkan tingkat kecemasan yang tinggi.

Dalam panahan, unsur-unsur seperti teknik dasar, mekanisme gerak, postur tubuh, kondisi fisik dan mentalitas merupakan satu kesatuan yang harus dipunyai oleh seorang pemanah. Layaknya sebuah seni, olahraga panahan itu sangat kompleks, tidak seperti yang kita lihat yakni menarik dan melepaskan anak panah.

Ada banyak hal yang berhubungan dengan olahraga panahan, seperti teknik dasar dalam olahraga panahan dan juga perlengkapan panahan.

Berikut Sembilan teknik dasar untuk pemanah pemula:

  1. Sikap Berdiri (Stand)
  2. Memasang Ekor Panah (Nocking)
  3. Mengangkat Lengan Busur (Extend)
  4. Menarik Tali Busur (Drawing)
  5. Menjangkarkan Lengan Penarik (Anchoring)
  6. Menahan Sikap Penahan (Tighten)
  7. Membidik (Aiming)
  8. Melepas Panah (Release)
  9. Menahan Sikap Panahan (After Hold)

Dalam panahan terdapat tiga perlengkapan utama, yaitu Busur (bow), tali busur (string), dan anak panah (arrow). Sedangkan unuk aksesoris perlengkapan tambahan pada olahraga panahan, ada banyak sekali macamnya. Berikut akan dijelaskan mengenai aksesoris panahan.

1. Kantong Panah (Quiver)

Kantong panah atau Quiver merupakan sebuah wadah yang digunakan sebagai tempat anak panah. Jika anak panah diletakkan di sembarang tempat, maka akan sangat mudah rusak terutama bulunya.

Biasanya kantong panah ini terbuat dari bahan kulit, tapi terkadang juga ada yang terbuat dari campuran plastic atau imitasi. Panjang dari kantong panah yang baik adalah sesuai dengan panjang anak panah.

2. Pelindung dada (Chest Guard)

Pelindung dada atau chest guard digunakan sebagai pelindung dada dari tali. Agar ketika anak panah dilepasakan, tali busur tidak mengenai dada/kaos dari sang pemanah. Tali yang selalu mengenai kaos dari pemanah bisa menyebabkan lesatan anak panah tidak bisa berjalan dengan sempurna.

3. Penarik Anak Panah (Puller)

Penarik anak panah atau puller adalah alat yang dipakai sebagai penarik anak panah yang menancap pada target. Biasanya kedalaman tancapan anak panah berbeda, sehingga untuk memudahkan saat menarik anak panah yang tertancap, maka digunakanlah alat ini.

4. Pelindung Tangan Penarik (Finger Tab)

Pelindung tangan penarik atau finger tab adalah alat yang digunakan untuk melindungi tangan, terutama di 3 jari penarik, yakni jari tengah, jari telunjuk, dan jari manis. Dalam sebuah latihan atau perlombaan, seorang pemanah biasanya akan menarik tali secara berulang-ulang, sehingga daya tahan dari ketiga jari tersebut sangat penting.

Oleh karena itu, diperlukan finger tab agar saat menarik tali busur tangan tidak merasakan sakit. Biasanya pelindung tangan penarik atau finger tab terbuat dari bahan kulit.

5. Penopang Busur (Ground)

Penopang busur atau ground adalah alat yang berfungsi sebagai tempat meletakkan atau penopang dari busur panah saat sedang latihan atau bertanding. Fungsi lain dari ground adalah agar posisi busur atau tali tidak akan berubah-ubah. Bagian dari busur yang diletakkan pada ground adalah bagian handle.

6. Pelindung Lengan (Arm Guard)

Pelindung lengan atau arm guard adalah alat yang berfungsi untuk melindungi lengan dari gesekan tali yang menuju lengan. Biasanya pelindung lengan dipakai de bagian lengan depan kiri. Pelindung lengan ini umumnya terbuat dari bahan campuran plastic.

Demikian sedikit penjelasan mengenai olahraga panahan dan aksesoris tambahan perlengkapan memanah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply